Home » Peristiwa » Nasional

KPK Pastikan Tak Ada Kerugian Negara dalam Kasus Sumber Waras

Selasa, 12/9/2017 | 13:22

Pimpinan KPK saat RDP dengan Komisi III DPR RI. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Komisi Pemberantasan Korupsi menyatakan kasus dugaan korupsi Sumber Waras tidak ditemukan perbuatan melawan hukum dan kerugian negara.

Demikian disampaikan Komisioner KPK La Ode Syarif saat Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi III DPR RI, di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa (12/9/2017).

"Kami sudah lakukan tiga kali gelar perkara, seingat saya, tim penyidik dan penuntut tidak yakin ada perbuatan melawan hukum dalam kasus sumber waras, kemudian tim penyelidik diperintahkan untuk mematangkan perbuatan melawan hukumnya" paparnya.

Sejurus kemudian, La Ode mengatakan, hasil laporan indikasi kerugian negara melalui audit investigasi BPKP dilakukan perbandingan dengan appraisal terjadi selisih yang cukup besar. 

"Kita lakukan pendalaman indikasi kerugian negara dengan profesional (apparaisal, red) sebagai bahan perbandingan. Setelah dilakukan kroscek baik hasil temuan BPKP dan appraisal ditemukan selisih memang dari harga selisih NJOP, tapi kemudian belum bisa disebut kerugian negara," tutupnya.

Pada Oktober tahun lalu, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Agus Rahardjo mengatakan penyidik KPK masih terus mengusut kasus dugaan korupsi pembelian lahan Rumah Sakit Sumber Waras, Jakarta Barat. "Perkara itu belum dihentikan," ucap Agus di Makassar, Senin, 24 Oktober 2016.

Agus berujar, saat ini penyidik sedang mencari perkara serupa untuk dijadikan perbandingan. KPK mengundang banyak lembaga untuk meminta pendapat dalam penyelidikan Kasus Sumber Waras, termasuk pendapat pahli. "Penyidik mengundang ahli dari UGM, UI, dan MAPPI. Mereka menyandingkan temuan-temuan," katanya.

Namun Agus enggan merinci langkah teknis dalam penyelidikan kasus ini. "Yang jelas, kami bekerja sesuai dengan fakta, data, dan bukti," ucapnya. Namun, pernyataan Agus ini berbeda dengan sebelumnya. Pada 14 Juni 2016, Agus menuturkan tidak ada indikasi korupsi dalam sengketa pembelian lahan Rumah Sakit Sumber Waras.

Penulis Sukarjito

Tags:

Kasus Sumber WarasKPKAhok Sumber Waras

loading...