Home » Bisnis

Tempati Peringkat Keempat Penduduk Terbesar di Dunia, Indonesia Bakal Disalip 2030

print this page Kamis, 7/12/2017 | 14:01

FOTO:RILIS.ID/ Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Eko Putro Sandjojo memperkirakan jumlah penduduk Indonesia 2030 berada di peringkat ke-7. Angka tersebut turun dibandingkan posisi Indonesia 2017, yakni peringkat ke-4 jumlah penduduk terbesar di dunia.

Pemerintah saat ini sedang mendiskusikan apakah jumlah penduduk di Indonesia akan dipertahankan atau justru dipangkas. Menurut Eko, jumlah penduduk berperan penting dalam menggerakkan perekonomian nasional, khususnya meningkatkan ekonomi mikro.

"Kalau kita mikir dengan pertumbuhan yang sekarang, maka 2030 Indonesia akan menjadi negara dengan jumlah penduduk terbesar ke-7 di dunia. Itu kita kalah," katanya saat mengisi materi "Kawasan Pedesaan dan Nilai Tambah Ekonomi" di Jakarta, Kamis (7/12/2017).

Sebagai informasi, Cina berada diperingkat pertama sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia, disusul India, Amerika dan Indonesia diperingkat ke-4.

Namun, pada 2030 mendatang, India diperkirakan bakal menempati peringkat jawara, sementara Indonesia berada di posisi ke-7.

"India meskipun jumlah per-kapitanya kecil, tapi sekarang termasuk ekonomi besar kan," imbuhnya.

Penulis Ainul Ghurri
Editor Intan Nirmala Sari

Tags:

Jumlah PendudukMendesEko Putro SandjojoPeringkat IndonesiaPDTT