logo rilis
Tempat Eksotis Melihat Sunrise dari Puncak Gereja Ayam
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
02 Desember 2020, 07:00 WIB
Tempat Eksotis Melihat Sunrise dari Puncak Gereja Ayam
Gereja Ayam yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. FOTO: Kemenparekraf

RILIS.ID, Jakarta — Ada satu tempat unik dan istimewa untuk berlibur #DiIndonesiaAja yang letaknya tak jauh dari Candi Borobudur. Wisatawan menyebutnya dengan istilah Gereja Ayam. Sang pendiri, Daniel Alamsyah, mendesain bangunan ini sebagai rumah ibadah dengan bentuk burung merpati.

Sebelum sepopuler sekarang, Gereja Ayam sempat ditutup pada tahun 2000, lantaran pengelola Gereja Ayam tak mampu membiayai perawatan. Tapi sudah banyak orang yang menikmati manfaat dari Gereja Ayam ini. Kemudian ada penduduk yang bersedia menjadikan halaman rumahnya sebagai lahan parkir gereja.

Makin lama pengunjung Gereja Ayam pun semakin banyak. Tak hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga menjadi destinasi wisata. Di sini para wisatawan dapat berfoto dan memposting di media sosial, sehingga Gereja Ayam makin terkenal. Apalagi setelah dijadikan lokasi shooting adegan film "Ada Apa Dengan Cinta 2" (AADC 2), semakin tenar saja Gereja Ayam Magelang ini.

Untuk masuk ke gereja ini, pengunjung hendaknya membawa lampu penerangan, karena di sana sama sekali tidak ada lampu. Senter atau penerangan digunakan membantu menaiki tangga menuju puncak gereja. Wisatawan dapat menikmati pemandangan Bukit Menoreh dari puncak gereja.

Gereja Ayam ini memang lokasinya tidak jauh dari Candi Borobudur. Namun, butuh perjuangan ekstra untuk bisa mencapai lokasi. Letaknya di Dusun Gombong, Desa Kembanglimus, kawasan Bukit Menoreh, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Sekitar 2,5 kilometer di sebelah barat Candi Borobudur dan Punthuk Setumbu.

Momen sunrise adalah saat yang paling ditunggu wisatawan. Mereka menanti matahari terbit dari puncak menara gereja. Pemandangan di sekitar Bukit Menoreh akan menjadi sajian visual yang memanjakan mata wisatawan. Sawah yang terbentang di kejauhan, beberapa perbukitan yang berjajar, serta Candi Borobudur yang terlihat anggun di kejauhan adalah keelokan yang bisa dinikmati di sini.

Wisatawan dapat juga menyaksikan Punthuk Setumbu, bukit tempat untuk menyaksikan sunrise dari sisi lain, di kawasan Candi Borobudur. Bukit Barede yang merupakan spot baru untuk menyaksikan matahari terbit di sekitar Borobudur juga bisa dilihat dari mahkota kepala ayam.

Yang mengagumkan, lanskap Candi Borobudur bisa terlihat lebih dekat dari Gereja Ayam ini dibandingkan dari Punthuk Setumbu maupun Bukit Barede. Bahkan momen matahari terbit terlihat lebih jelas dari sini dibandingkan kedua spot tersebut.

Tak kalah menarik, wisatawan yang datang berpasangan bisa melakukan napak tilas kisah asmara Rangga dan Cinta di film AADC 2. Sambil berharap kisah cinta mereka akan seromantis dua sejoli yang dibintangi Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra itu. Untuk berlibur di sini, wisatawan tetap wajib patuhi protokol kesehatan, yakni dengan mencuci tangan pakai sabun, mengenakan masker, serta menjaga jarak.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)


2020 | WWW.RILIS.ID