logo rilis
Teluk Uf di Kepulauan Kei Diusulkan Jadi KEK Pariwisata
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
26 April 2019, 22:01 WIB
Teluk Uf di Kepulauan Kei Diusulkan Jadi KEK Pariwisata
FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Teluk Uf di Kepulauan Kei, Kabupaten Maluku Tenggara, diusulkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata agar pengembangan wilayah bisa berjalan lebih cepat dan dinamis.

Usulan tersebut disampaikan oleh Bupati Maluku Tenggara, M Taher Hanubun, di hadapan perwakilan Dewan Nasional KEK, OPD Kabupaten Maluku Tenggara, perwakilan Dinas Pariwisata Provinsi Maluku, dan perwakilan pengusaha pariwisata Maluku Tenggara di Hotel Grand Villa, Maluku Tenggara, Kamis (25/4/2019). 

Taher menjelaskan, pihaknya melakukan pembangunan KEK untuk mempercepat pembangunan pariwisata di Kabupaten Maluku. Keberadaan KEK dianggap sebagai solusi untuk permasalahan yang ditemui dalam pembangunan pariwisata. 

"Kami senang karena niat untuk membangun KEK di Kabupaten Maluku Tenggara mendapat sambutan baik dari Kemenpar," ujar Taher. 

Diakui Taher, salah satu tantangan dalam pembangunan KEK yakni mengenai pembebasan lahan. Pihaknya telah melakukan pendekatan terbuka dengan masyarakat.

Sementara itu, Kabid Investasi Destinasi Pariwisata Khusus Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Rudy P Siahaan, mengungkapkan, pihaknya akan mendorong pemda di seluruh Indonesia untuk membangun 100 KEK. Nantinya, akan ada paling tidak tiga KEK di setiap provinsi.

"KEK merupakan kawasan yang diberi kemudahan fiskal dan non fiskal secara khusus. Dalam KEK, akan diberlakukan regulasi yang mempermudah izin investasi bagi para investor" jelas Rudy. 

"Tujuan pembangunan KEK ada empat, yakni meningkatkan penanaman modal, optimalisasi kegiatan industri, percepatan perkembangan daerah, serta penciptaan lapangan pekerjaan. KEK dibentuk agar menjadi kawasan terintegrasi pariwisata," pungkasnya. 

Editor: Sukma Alam




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID