logo rilis

Telisik Peran Zumi Zola, KPK Periksa Enam Saksi 
Kontributor
Tari Oktaviani
12 April 2018, 12:31 WIB
Telisik Peran Zumi Zola, KPK Periksa Enam Saksi 
Gubernur Jambi, Zumi Zola yang ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), masih terus mengusut kasus yang melibatkan Gubernur Jambi, Zumi Zola. 

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, mengatakan hari ini, KPK Mendalami peran dari Zumi Zola. Setidaknya ada enam orang yang akan diperiksa sebagai saksi untuknya.

Mereka adalah Direktur CV Bedaro Persada Abadi Rosnita, Direktur CV Bina Mandiri Syafriyanto, Karyawan PT Sanubari Megah Perkasa Subakti bersama pemilik PT Sanubari Megah Perkasa Sumarto alias Aping dan dua orang pihak swasta lainnya yakni Naufal dan Muhammad alias Mamad.

"Keenamnya jadi saksi untuk Zumi Zola. Penyidik juga masih perlu mendalami peran Zumi Zola yang diduga menerima sejumlah suap dan gratifikasi dari banyak proyek," katanya di Jakarta, Kamis (14/2/2018).

Menurut Febri, penyidik tengah menelisik dari proyek mana saja Zumi menerima sejumlah pemberian berupa uang. 

Oleh karena itu, beberapa pihak swasta dipanggil dalam waktu beberapa kali.

Dalam kasus ini, KPK menetapkan Zumi Zola dan Pelaksana Tugas Kadis PUPR Jambi, Arfan sebagai tersangka suap dan gratifikasi atas proyek-proyek di Pemprov Jambi pada Jumat (2/2/2018).

Sebelumnya, KPK lebih dulu menetapkan empat orang tersangka di kasus suap pengesahan APBD Provinsi Jambi. 

Mereka yakni anggota DPRD Prov Jambi Supriyono, Plt Sekda Jambi, Erwan Malik, Plt Kadis PUPR Jambi Arfan dan Asisten Daerah III‎ Syaifuddin

Atas perbuatannya, Zumi Zola dan Arfan disangkakan Pasal 12 huruf B Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001 Juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Editor: Kurnia Syahdan


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)