logo rilis
Teknik Unik agar Gampang Tidur di Malam Hari
Kontributor
Ning Triasih
27 Februari 2018, 21:41 WIB
Teknik Unik agar Gampang Tidur di Malam Hari
ILUSTRASI: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Sulit tidur. Salah satu masalah yang cukup banyak dialami orang. Namun jarang yang bisa menemukan solusinya.

Anda mungkin tahu jika mandi air hangat, menghindari minuman berkafein sebelum tidur adalah cara mencegah kesulitan tidur alias insomnia.

Seperti dilansir dari Indiatimes, ada beberapa cara atau teknik cukup unik mengatasi masalah sulit tidur di malam hari, yakni sebagai berikut:

Usahakan tetap melek

Hal ini mungkin terdengar aneh. Membiarkan diri tetap terjaga di malam hari dapat mengalahkan kecemasan penyebab susah tidur.

Ya, Sebuah studi yang dilakukan di University of Glasgow menemukan, terbaring dengan mata terbuka lebar membantu tertidur lebih cepat. Sebaliknya, semakin keras Anda mencoba tidur, semakin tinggi kemungkinan Anda akan gagal.

Hangatkan kaki

Jika Anda punya masalah susah tidur, cobalah hangatkan kaki Anda. Bisa dengan memakai kaus kaki atau meringkuk di balik selimut. Faktanya, sebuah penelitian oleh jurnal Nature menemukan, kaki atau tangan hangat merupakan indikator yang baik tentang serangan tidur.

Coba metode '4-7-8'

Pakar obat terpadu dan penulis buku laris Dokter Andrew Weil mengklaim, '4-7-8' dapat membantu Anda tertidur dalam waktu kurang dari satu menit. Caranya, letakkan ujung lidah Anda ke punggung jaringan tepat di belakang gigi depan bagian atas, tahan selama latihan.

Anda akan mengembuskan napas melalui mulut di sekitar lidah Anda, cobalah mengerucutkan bibir sedikit jika ini tampak aneh dan lakukan langkah berikut:

1. Hasil luar biasa melalui mulut Anda, yakni dengan mengeluarkan suara heboh.

2. Tutup mulut Anda dan tarik napas diam-diam melalui hidung dengan hitungan empat.

3. Tahan napas Anda dengan hitungan tujuh.

4. Keluarkan melalui mulut Anda, membuat suara heboh sampai hitungan delapan.

5. Ini adalah satu napas. Sekarang tarik napas lagi dan ulangi siklus tiga kali lagi dengan total empat napas.

Susu campur rempah-rempah

Tak salah jika orang punya kebiasaan minum segelas susu hangat sebelum tidur. Hal ini bahkan direkomendasikan dokter. Bagi Anda yang tak suka susu sapi, bisa menggantinya dengan susu kedelai atau almond. Bahkan, lebih manjur jika susu dicampur dengan sejumlah rempah-rempah, seperti pala, kapulaga, kunyit, kayu manis dan jahe. Ini adalah ramuan yang menenangkan dan lezat. Selain itu susu yang dibumbui juga lebih mudah dicerna. Pastikan Anda minum susu tiga jam setelah makan terakhir Anda.

Meniup balon gelembung

Cara ini perlu Anda coba jika ingin gampang tidur. Pasalnya, saat Anda meniup gelembung, dibutuhkan pola napas yang tenang tapi dalam. Ini membantu menenangkan tubuh dan pikiran Anda dan tak menutup kemungkinan bisa membuat Anda tidur nyenyak.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID