logo rilis
Tanggulangi Aksi Teror, PKB Sarankan Napi Teroris Jalani Program Thoriqoh
Kontributor
Nailin In Saroh
13 Mei 2018, 13:00 WIB
Tanggulangi Aksi Teror, PKB Sarankan Napi Teroris Jalani Program Thoriqoh
Muhammad Toha, FOTO: RILIS.ID/Tio Pirnando

RILIS.ID, Jakarta— Anggota Komisi III DPR RI Fraksi PKB Mohammad Toha mengecam aksi teror ledakkan bom di tiga gereja di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (13/5/2018).

Menurutnya, sebaran paham radikal harus diimbangi sebaran paham antiradikal. Salah satu cara menderadikalisasi pelaku teror ataupun narapidana terorisme dengan program thoriqoh

"Perlu turun tangan dari ulama-ulama thoriqoh untuk menderadikalisasi. Misalnya, pemerintah bisa memohon Habib Lutfi dan habib-habib lain serta para kyai untuk mengajak mereka yang sudah tertangkap menjalani program thoriqoh," ujar Toha saat dihubungi rilis.id di Jakarta, Minggu (13/5/2018).

Toha mengatakan, teroris layaknya narkoba. Di mana, kata dia, orang-orang yang sudah ditahan bisa mengendalikan operasi di luar. 

"Maka ketika yang di dalam tahanan sudah sadar dengan ber-thoriqot, mereka tidak akan me-remote operasi radikalisme di luar," jelas anggota Pansus RUU Terorisme ini.

Selama ini, tambah Toha, deradikalisasi belum maksimal karena masih dilakukan secara normatif dan masih membutuhkan banyak terobosan. 

"Lembaga BNPT perlu ditambahi kewenangan-kewenangan agar lebih bebas lagi melakukan penanggulangan terorisme dan deradikalisasi," pungkasnya.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)