Home » Peristiwa » Nasional

Tangani Rampasan Aset Koruptor, Kemitraan Minta Jokowi Bentuk Satgas

print this page Minggu, 14/1/2018 | 16:32

Diskusi 'Tantangan Efektivitas Upaya Pemulihan Aset Tindak Pidana di Indonesia. FOTO: RILIS.ID/Tari Oktaviani

RILIS.ID, Jakarta— Direktur Eksekutif Kemitraan Pembangunan, Monica Tanuhandaru meminta Presiden Joko Widodo membentuk gugus tugas yang fokus menangani pemulihan aset korupsi. 

Menurutnya selama ini belum ada tindakan tegas dari pimpinan negara terkait pemulihan aset atas tindak pidana korupsi.

"Saya setuju dibentuk tim dibawah Presiden untuk tangani perampasan aset koruptor. Tujuannya bisa berikan efek jera pada pejabat publik maupun pelaku ekonomi yang akan datang," katanya dalam diskusi 'Tantangan Efektivitas Upaya Pemulihan Aset Tindak Pidana di Indonesia', di Jakarta, Minggu (14/1/2018).

Monica menilai belum ada komitmen yang kuat dari Presiden terkait pemulihan aset. Padahal, pendapatan negara akan mampu bertambah bila aset hasil korupsi mampu dikembalikan kepada negara.

"Kami sudah melihat bahwa kalau ini diseriusi barangkali kita bisa dapatkan Rp1.000 triliun," ungkapnya.

Saat ini masing-masing kementerian dan lembaga masih sibuk saling tarik menarik wewenang dalam hal mendapatkan aset korupsi. Kejadian ini dikarenakan, belum ada arah yang jelas dari Presiden, sehingga dibutuhkan langkah konkret untuk memulihkan aset.

"Butuh kepemimpinan dan kemampuan politik dari pemimpin untuk mau mengerjakan pemulihan aset. Ketika Presiden ya, maka semua jalan. Kalau masih di kementerian dan lembaga itu masih sulit karena tingkatannya sama, jadi mau jalan-jalan sendiri," paparnya. 

Penulis Tari Oktaviani
Editor Kurniati

Tags:

KoruptorAsetJokowiSatgasBapenas