logo rilis
Tanda Tanya yang Sering Muncul saat Puasa 
Kontributor
Ning Triasih
17 Mei 2018, 14:55 WIB
Tanda Tanya yang Sering Muncul saat Puasa 
ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi Supratman

RILIS.ID, Jakarta— Mulai hari ini, Kamis (17/5/2018), seluruh umat Muslim mulai menjalankan puasa Ramadan 1439 Hijriah. Puasa adalah salah satu Rukun Islam yang artinya wajib dilakukan oleh umat Muslim di seluruh dunia.

Seperti yang diketahui, puasa berarti Anda harus menahan lapar dan dahaga dari dini hari hingga berkumandang azan Magrib. Selama kurang-lebih 13 jam, Anda tak boleh makan, minum, atau memasukkan benda-benda lainnya ke dalam mulut karena bisa membatalkan ibadah tersebut.

Berbicara soal puasa dan hal-hal yang membatalkannya, ada sejumlah pertanyaan yang paling sering muncul. Pertanyaan ini terbilang cukup membingungkan. Apa saja?

Berikut rilis.id himpun dari berbagai sumber beberapa pertanyaan yang paling sering muncul terkait hal-hal yang membatalkan puasa:

Bolehkah menelan air liur?

Air liur adalah cairan yang keluar dari kelenjar ludah dalam mulut atau disebut juga air ludah. Menelan air ludah tidak membatalkan puasa Anda. Pasalnya, aktivitas ini dikategorikan sebagai kebiasaan alami manusia. Syaratnya, ludah Anda masih suci atau alami, tidak tercampur dengan apa pun.

Bolehkah menyikat gigi?

Umumnya, sejumlah orang enggan menyikat gigi saat berpuasa karena takut batal. Ini tidak benar. Menyikat gigi tak akan membatalkan puasa Anda lantaran ini bagian dari membersihkan diri. Kecuali, Anda menelan air dan pasta gigi dengan sengaja demi menghilangkan rasa haus.

Membersihkan diri seperti dengan menyikat gigi bahkan dianjurkan Nabi Muhammad SAW. Nabi menyuruh memerintahkan agar berkumur saat wudu. 

Di hadis riwayat Imam Bukhori dan Muslim, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Jika tidak memberatkan umatku niscaya akan kuperintahkan untuk bersiwak (menyikat gigi) setiap kali akan berwudu."

Bolehkah berenang?

Renang adalah bentuk olahraga. Tentu saja, berolahraga saat puasa tidak dilarang alias diperbolehkan. Begitu pun dengan renang.

Anda boleh berenang sesuka hati saat puasa, bahkan menyelam sekali pun. Tapi pastikan air kolam tidak masuk ke dalam bagian tubuh, seperti mulut, hidung dan telinga. Apalagi, Anda dengan sengaja menelan air kolam. Itu sudah tentu membatalkan puasa. 

Apakah menangis membatalkan puasa?

Menangis tidak akan membatalkan puasa karena ini merupakan kebiasaan alami dalam diri manusia. Jangankan saat duka, saat bahagia pun seseorang bisa mengucurkan air mata. Tapi, menangis akan membatalkan puasa jika air mata itu masuk ke dalam mulut dan tertelan.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)