logo rilis
Tanda-tanda Seseorang Menjumpai Malam Lailatul Qadar
Kontributor
Ning Triasih
06 Juni 2018, 15:23 WIB
Tanda-tanda Seseorang Menjumpai Malam Lailatul Qadar
ILUSTRASI: Pixabay

RILIS.ID, Jakarta— Tak ada yang tahu pasti kapan datangnya Malam Lailatul Qadar. Yang jelas, diriwayatkan bahwa malam seribu bulan ini jatuh di antara sepuluh hari terakhir Ramadan.

Lailatul Qadar adalah hari istimewa dan penuh kemuliaan. Untuk bisa menjumpai malam tersebut, umat Muslim harus berlomba-lomba berbuat kebaikan. 

Dalam hadis disebutkan, barang siapa mengerjakan amalan ibadah di Malam Lailatul Qadar, dijanjikan oleh Allah akan mendapat pahala berlipat ganda.

Lalu bagaimana cara mengetahui jika seseorang tengah mendapatkan Malam Lailatul Qadar?

Melansir dari berabgai sumber, jika Anda mengalami tanda-tanda berikut ini, kemungkinan tengah menjumlpai Malam Lailatul Qadar.

Langit bersih dan udara sejuk

Dalam Mu’jam at-Thabari al-Kabir disebutkan bahwa Rasulullah bersabda yang artinya:

“Malam Lailatul Qadar itu langit bersih, udara tidak dingin atau panas, langit tidak berawan, tidak ada hujan, bintang tidak nampak dan pada siang harinya matahari bersinar tidak begitu panas.”

Ibadah terasa lebih tenang

Selain suasana alam, seseorang yang mendapatkan Lailatul Qadar akan mengalami ketenangan luar biasa saat beribadah, berbeda dari malam-malam pada umumnya. Pasalnya, di malam itu, dipercaya bahwa banyak malaikat turun ke bumi.

Orang-orang yang mendapatkan Lailatul Qadar mendapat pahala yang setara dengan ibadah selama 83 tahun atau selama seribu bulan.

Cara meraih Malam Lailatul Qadar

Menurut ahli tafsir Indonesia M Quraish Shihab dalam bukunya berjudul "M Quraish Shihab Menjawab-1001 Soal Keislaman yang Patut Anda Ketahui", cara memperoleh Lailatul Qadar adalah dengan giat mendekatkan diri pada Allah dengan beragam kebajikan.

Ibadah-ibadah yang dilakukan harus tulus dan ikhlas, sehingga akan mendapatkan kedamaian, ketenangan, hingga akhirnya mengubah total sikap hidupnya.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)