logo rilis
Tanda-tanda Kehamilan yang Kerap Diabaikan
Kontributor
Ning Triasih
20 Maret 2018, 23:05 WIB
Tanda-tanda Kehamilan yang Kerap Diabaikan
ILUSTRASI: Pixabay

RILIS.ID, Jakarta— Umumnya, telat datang bulan alias menstruasi dianggap sebagai tanda paling utama kehamilan. Akibatnya, tak sedikit wanita harus menunggu sebulan penuh untuk mengonfirmasi mereka mengandung atau tidak.

Padahal, ada beberapa gejala kehamilan bahkan meski Anda belum telat datang bulan. Apa saja?

Payudara bengkak dan nyeri

Jika payudara Anda menjadi lebih sensitif terhadap jenis sentuhan apa pun, ini adalah tanda kehamilan. Hal ini lantaran pada tahap awal kehamilan, aliran darah ke payudara meningkat, membuat jaringan payudara lebih sensitif dan bengkak.

Perubahan kebiasaan makan

Cara lain mendiagnosis kehamilan adalah ketika tiba-tiba kebiasaan makan Anda berubah. Ini terjadi karena perubahan kadar estrogen mempengaruhi organ-organ sensorik, yang juga memengaruhi kebiasaan makan Anda.

Kram perut

Jika Anda beranggapan kram perut hanya saat menstruasi, itu salah! Kram juga bisa menjadi tanda awal kehamilan. Hal ini bisa terjadi saat embrio masuk ke dalam rahim.

Pendarahan ringan

Anda juga mungkin akan bercak darah atau pendarahan ringan jelang kehamilan. Ini normal seperti saat sel telur dibuahi, menempel ke rahim dan bisa menyebabkan pendarahan. Warna darah biasanya lebih ringan daripada darah menstruasi Anda.

Merasa lelah

Jika Anda merasa letih dan lelah, bisa jadi Anda segera hamil. Rasa lelah ini muncul lantaran adanya perubahan hormonal, saat itulah tubuh tengah mempersiapkan diri menuju kehamilan.

Mual

Ini adalah gejala kehamilan yang paling umum. Biasanya, wanita mengalami mual dan morning sickness sekitar minggu ke-6 kehamilan. Tapi, ada kemungkinan calon ibu merasa mual bahkan sebelum itu.


500
komentar (0)