logo rilis

Tak Selamanya Buruk, Cuaca Dingin Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan
Kontributor
Ning Triasih
14 Desember 2018, 23:03 WIB
Tak Selamanya Buruk, Cuaca Dingin Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan
ILUSTRASI: Pixabay

RILIS.ID, Jakarta— Cuaca atau suhu dingin sering menjadi momok menakutkan bagi sejumlah orang, apalagi bagi mereka yang berdaya tahan tubuh rendah.

Saat cuaca dingin, tak sedikit orang jadi gampang terserang penyakit dan membuat tidak nyaman.

Namun, cuaca dingin ternyata tak selama berdampak buruk lho. Faktanya, para ahli kesehatan mengungkapkan jika suhu dingin punya banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja?

1. Meredakan nyeri otot

Umumnya, ketika seseorang mengalami nyeri otot atau bengkak di bagian tubuh, mereka akan menggunakan es batu untuk meredakan nyeri. Cara kerja kompres dingin inilah yang membuktikan bahwa suhu dingin bisa membantu mengatasi peradangan dan nyeri otot. Pembuluh darah yang melebar akan menjadi rileks dan tenang saat udara dingin.

2. Membakar lebih banyak kalori

Saat berada di suhu dingin, tubuh Anda bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhu inti tubuh. Cara kerjanya, tubuh memerintahkan lemak coklat untuk membakar kalori lebih banyak guna mencegah kedinginan. Itulah kenapa, Anda akan merasa lebih hangat dan tidak sampai menggigil di tengah cuaca dingin.

3. Tak rentan digigit nyamuk

Suhu yang cukup dingin, yaitu di bawah 10 derajat Celcius, biasanya digunakan oleh nyamuk Aedes dan Culex untuk hibernasi dan tidak aktif menyerang manusia. Artinya, risiko digigit nyamuk lebih rendah saat cuaca dingin.

4. Bikin cepat tidur

Saat sulit tidur atau mengalami insomnia, cobalah atur suhu kamar Anda jadi lebih dingin. Udara dingin bisa membantu Anda tidur lebih cepat. Pasalnya, suhu inti tubuh akan menurun secara alami ketika Anda mulai memejamkan mata dan berusaha tidur. Semakin cepat suhu inti tubuh menurun karena terkena udara dingin, maka Anda juga akan semakin cepat mengantuk dan terlelap tidur.

5. Pikiran jadi lebih jernih

Sebuah penelitian menunjukkan, pekerja kantoran yang bekerja di dalam ruangan dengan suhu dingin lebih mampu menyelesaikan pekerjaannya dengan maksimal, dibandingkan pekerja yang di dalam ruangan hangat.

6. Membuat kulit sehat dan bercahaya

Kulit jadi kering dan kaku saat cuaca dingin tak selamanya benar. Cuaca dingin justru bisa membuat kulit Anda tampak sehat dan bercahaya.

Cuaca dingin berperan sebagai astringen yang dapat mengencangkan pori-pori kulit. Selain itu, suhu dingin juga dapat membantu memperlambat produksi minyak alami atau sebum sehingga kulit Anda jadi lebih bercahaya dan terhindar dari jerawat.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)