logo rilis
Tak Perlu Diet, Ini Tandanya Berat Badan Anda Ideal
Kontributor
Ning Triasih
19 Juli 2018, 13:45 WIB
Tak Perlu Diet, Ini Tandanya Berat Badan Anda Ideal
ILUSTRASI: Pixabay

RILIS.ID, Jakarta— Memiliki tubuh ideal dan sehat tentu menjadi dambaan setiap orang. Tak heran, demi mendapatkannya, tak sedikit dari mereka rela melakukan diet ketat.

Namun, sebelum memutuskan untuk menjalani program diet penurunan berat badan, Anda harus tahu dulu apakah diet tersebut diperlukan atau tidak. Pasalnya, bisa saja berat badan Anda sebenarnya sudah ideal.

Seperti dilansir dari The Times of India, ahli kesehatan mengatakan bahwa jika tidak terjadi perubahan yang signifikan pada berat badan, itu pertanda tubuh Anda sebenarnya sudah ideal berdasarkan Body Mass Index (BMI) atau Indeks Massa Tubuh (IMT), sehingga Anda tak perlu diet. 

Adapun beberapa tanda Anda tak perlu menurunkan berat badan adalah sebagai berikut:

Energik sepanjang waktu

Umumnya, tubuh yang kurang sehat atau kelebihan berat badan akan gampang lemas atau lesu. Tapi jika Anda merasa bugar sepanjang waktu dan merasa tak bermasalah dengan berat badan, artinya Anda tak perlu berdiet.

Tidur nyenyak

Berat badan umumnya sangat memengaruhi kondisi kesehatan, termasuk pola tidur. Jika tubuh Anda ideal, artinya tubuh sehat dan membuat Anda tidur nyenyak setiap malam.

Bobot badan stabil

Jika berat badan tak banyak mengalami penurunan atau kenaikan, bahkan cenderung stabil, itu artinya berat badan Anda ideal dan tak perlu menjalani program diet ketat. Tapi jika Anda kurang yakin dengan berat badan ideal Anda, konsultasikan dengan ahlinya.

Lingkar pinggang

Cara lain mengetahui tentang berat badan Anda adalah dengan mengukur lingkar pinggang. Dalam hal ini, pertama Anda harus tahu BMI yang benar. Kemudian dengan mengukur pinggang, Anda bisa tahu apakah lingkar pinggang Anda sehat. Minta bantuan ahli untuk pengukuran yang benar.

Bentuk tubuh

Persentase lemak tubuh banyak menjelaskan tentang kebugaran Anda. Ada kondisi di mana orang dengan berat badan normal dapat memiliki kelebihan lemak. Dan bisa ada beberapa orang yang meski terlihat berat, bisa memiliki persentase lemak tubuh yang sehat. Periksakan diri untuk memastikan apakah tubuh Anda sudah ideal atau belum.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)