logo rilis
Tak Khawatir Indonesia jadi Negara Maju, Menko Perekonomian: Harusnya Bangga!
Kontributor
Nailin In Saroh
24 Februari 2020, 21:00 WIB
Tak Khawatir Indonesia jadi Negara Maju, Menko Perekonomian: Harusnya Bangga!
Menteri Perekonomian, Airlangga Hartarto. FOTO: RILIS.ID

RILIS.ID, Jakarta— Indonesia resmi dicoret dari daftar negara berkembang dan dinyatakan sebagai negara maju dalam perdagangan internasional. Namun, kenaikan status ini justru menjadi buah bibir dimasyarakat lantaran harus bersedih atau bangga. 

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menilai, seharusnya Indonesia tak perlu khawatir tetapi justru harus bangga dengan adanya pernyataan AS tersebut.

"Justru kita berbangga," tegas Airlangga, Selasa (24/2/2020). 

Mantan menteri perindustrian tersebut mengatakan, keluarnya Indonesia dari daftar negara berkembang tidak membuat biaya ekspor barang menjadi naik. Sebab, sudah ada perjanjian bilateral sebelumnya.

"Kalau biaya ekspor impor kan ada perjanjian yang sedang di proses. itu bisa diselesaikan secara bilateral. Yah kita kan optimis, sekarang kita punya GSP yang hanya 20 persen," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Amerika Serikat (AS) mencoret Indonesia dari daftar negara berkembang. Dikutip dari TheStar, Minggu (23/2/2020), Kantor Perwakilan Dagang AS (USTR) mencoret Indonesia dari daftar negara berkembang dan dinyatakan sebagai negara maju dalam perdagangan internasional.

Hal itu diperkirakan akan membuat fasilitas istimewa yang selama ini diberikan oleh Negera Paman Sam ke Indonesia akan dicabut. Fasilitas tersebut khususnya di bidang perdagangan, di antaranya fasilitas Generalize System of Preference (GSP) atau keringanan bea masuk impor barang ke AS. 

 




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID