logo rilis

Tak Hanya Libur Dari Jumat, PNS Juga Bisa Kerja dari Rumah di 2020
Kontributor
Tari Oktaviani
07 Desember 2019, 11:29 WIB
Tak Hanya Libur Dari Jumat, PNS Juga Bisa Kerja dari Rumah di 2020
Rilis.id/Dendi Supratman

RILIS.ID, Jakarta— Jakarta - Selain mendapat hari libur di Jumat, para Pegawai Negeri Sipil (PNS) juga akan mendapatkan keisitimewaan lainnya yakni bisa bekerja dari rumah. Rencananya hal ini mulai diterapkan pada 1 Januari 2020 mendatang.

Melansir CNBC, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)‎/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mengatakan nantinya para PNS bisa bekerja dari rumah mengikuti model pekerjaan perusahaan startup. Sedikitnya 1000 orang PNS dari berbagai Kementerian Lembaga akan mencoba skema ini.

"Bappenas mulai mengkaji assignment-nya, desain itu sebenarnya sudah ada. Tinggal kita praktikkan pelan-pelan,"‎ ujar Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, dikutip Sabtu (30/11/2019).

Suharso menyebut 1000 orang PNS itu akan mencoba skema pekerjaan yang fleksibel. Sehingga bekerja tidak harus ngantor asalkan bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

"Ke depan bentuknya smart office, tidak hanya dengan cara-cara yang sekarang. 1000 orang kita bisa bekerja flexy job, flexy schedule, semuanya serba flexy, remote working," katanya.

Meski begitu, diberi keistimewaan juga diberi tekanan. Dalam arti lain, menurut Suharso, ada target tertentu yang harus dicapai para ASN (aparatur sipil negara) meski bekerja di luar kantor.

"Ada konsep ASN itu, kan seperti kalau kalian kerja ini. Kerja itu lebih enak yang fleksibel kan. Nah generasi-generasi alpha beta yang ke depan juga akan dengan cara-cara seperti itu. Nah kenapa enggak kita akomodir," jelasnya.

Sebelumnya, PNS juga diberi keistimewaan libur dari hari Jumat. Namun PNS dengan penilaian terbaik yang mendapatkan keistimewaan itu.

"Kita bekerja kan wajibkan 10 hari (2 pekan) 80 jam kerja. Ini bisa diubah jadi sembilan hari saja, tetapi tetap 80 jam kerja. Sehingga, hari Jumatnya bisa libur," kata Ketua PMO (Project Management Office) Penilaian Kinerja, Waluyo di Jakarta, Selasa (3/12).

Rencananya, uji coba flexibel working arrangement akan mulai dilakukan di tujuh kementerian/lembaga mulai Januari 2020, yakni BKN, LAN, Bappenas, Kemenpan RB, Kementerian PUPR, Kementerian Keuangan, dan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

 




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID