Home » Peristiwa » Nasional

Tak Hadiri Praperadilan, Saut Situmorang: Soal Alokasi Resources Saja

print this page Kamis, 30/11/2017 | 19:36

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang (kiri). FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang mengatakan, tim biro hukumnya tidak bisa datang ke praperadilan Setya Novanto di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (30/11/2017) karena adanya kesibukan yang lain.

Dia membantah disebut KPK sengaja mengulur waktu untuk membuat praperadilan gugur dengan sendirinya mengingat berkas perkara penyidikannya sudah hampir selesai.

"Hanya soal alokasi resources saja, kalau untuk menunda kan tidak mesti harus datang," kata Saut, di Jakarta, Kamis (30/11/2017).

Saut menyampaikan ada sesuatu yang mendesak sehingga SDM yang ada lebih memilih untuk tak datang guna mengerjakan tugas tersebut. Meski begitu, Saut enggan menjelaskan tugas apa yang dimaksud sehingga memutuskan tidak hadir pada sidang praperadilan.

Sebelumnya, Sidang praperadilan Setya Novanto terpaksa ditunda hingga sepekan ke depan. Ini lantaran ketidakhadiran KPK selaku termohon di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

"Kalau salah satu tidak datang maka kewajiban hakim menunda sidang dan sidang ini maka ditunda untuk (termohon) akan dipanggil lagi," ujar hakim tunggal Kusno dalam sidang praperadilan di PN Jakarta Selatan, Kamis (30/11).

Semula, Kusno membacakan surat pemberitahuan dari KPK. Dalam surat tersebut tim biro hukum KPK meminta agar sidang ditunda selama tiga minggu. Adapun surat tersebut juga ditandatangani oleh Deputi bidang penindakan dan Pimpinan KPK.

Penulis Tari Oktaviani
Editor Syahrul Munir

Tags:

KPKPraperadilan Setya NovantoKPK Tidak HadirSaut Situmorang