Home » Bisnis

Tahun Politik 2018 Jadi Peluang Pengusaha Dorong Perekonomian

print this page Kamis, 30/11/2017 | 15:20

ILUSTRASI. FOTO:Hafiz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Indonesia Bidang Perdagangan Benny Soetrisno mengatakan, tahun politik 2018 menjadi kesempatan bagi pengusaha meningkatkan aktivitas perekonomiannya.

"Menurut saya ini justru kesempatan, aktivitas politik menarik dan menghelat aktivitas perekonomian. Makanya, di RAPBN 2018 pemerintah membuat target pertumbuhan ekonomi hingga 5,4 persen (lebih tinggi) dibandingkan 2017," kata Benny usai menghadiri Lokakarya Kadin di Jakarta, Kamis (30/11/2017).

Benny menilai, meski pengusaha bersikap waspada dan penuh kehati-hatian terhadap pemimpin baru dan kebijakan yang akan dikeluarkan, aktivitas perekonomian harus tetap berjalan. Dengan agenda pilkada serentak 2018 dan persiapan Pemilu 2019 diharapkan dapat menghelat aktivitas perekonomian sektor kecil menengah. Diantaranya, seperti makanan, minuman hingga perlengkapan kampanye.

"Ini justru kesempatan. Aktivitas politik menarik dan menghelat aktivitas perekonomian. Misalnya orang kampanye butuh banner, logistik, minuman pasti laku, nasi padang pun jalan," kata dia.

Bennyberharap aktivitas perekonomian 2018 tidak hanya tumbuh di sektor konsumsi pangan saja, tetapi juga investasi dan kinerja ekspor.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo dalam sambutannya pada Acara 100 CEO Forum, Rabu (29/11/2017) mengingatkan para pengusaha tetap fokus menjalankan kegiatan ekonomi dan memisahkan antara urusan ekonomi dengan urusan politik. 

Presiden berharap pesta politik tahun depan tidak membuat investor terus bersikap waspada atau wait and see terhadap prospek investasi ke depannya.

Penulis Intan Nirmala Sari
Sumber Antara

Tags:

Tahun PolitikPilkada 2018Pemilu 2019KADIN