logo rilis

Tahanan Perempuan Palestina Diberi Penghargaan Women of the Year
Kontributor
Syahrain F.
27 April 2018, 21:17 WIB
Tahanan Perempuan Palestina Diberi Penghargaan Women of the Year
Warga melakukan aksi protes di Al-Khalil, Palestina, dengan membawa poster Israa Jaabees ketika sebelum menderita luka bakar. FOTO: Ist

RILIS.ID, Gaza— Kementerian untuk Urusan Perempuan Palestina menganugerahi Israa Jaabees, seorang perempuan Palestina yang menjadi tahanan polisi Israel, sebagai "Palestinian Women of the Year.

Ibu berusia 32 tahun itu ditangkap pada 2015 setelah ditembak oleh tentara Israel di Yerusalem Timur. Dia juga menderita luka bakar parah akibat ledakan gas.

"Perempuan Palestina telah banyak terlibat dalam perjuangan Palestina. Mereka masih menjadi simbol kekuatan rakyat Palestina," ujar Menteri Urusan Wanita Haifa al-Agha saat berpidato dalam upacara penghargaan, melansir kantor berita Anadolu.

Al-Agha menegaskan bahwa wanita Palestina telah berperan penting dalam melawan pendudukan.

Otoritas Israel menuding Jaabees mencoba menyerang tentara Israel dengan mobil bermuatan bom, yang kemudian dibantah oleh Jaabees dan keluarganya.

Pejabat pemerintah Palestina menyebutkan, Jaabees menderita luka bakar serius di beberapa bagian tubuhnya, sehingga membutuhkan prosedur bedah.

Menurut data pemerintah Palestina, sekitar 6.400 warga Palestina saat ini berada dalam tahanan Israel, termasuk puluhan perempuan dan sejumlah anak di bawah umur.

Penghargaan “Perempuan Palestina” diberikan setiap tahunnya oleh kementerian untuk para perempuan Palestina yang telah mencapai prestasi luar biasa.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)