logo rilis

Syaikh Ali Jaber: Ulama Jaga Perdamaian Tanah Air
Kontributor
Syahrain F.
16 April 2018, 13:50 WIB
Syaikh Ali Jaber: Ulama Jaga Perdamaian Tanah Air
Syaikh Ali Jaber, ditemani calon hafizh cilik Nabil duduk di tangga selasar Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, sambil memberikan tausiyah dalam acara pelepasan 1.000 ton beras oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT), kemarin (15/4/2018). FOTO: RILIS.ID/Syahrain F

RILIS.ID, Banda Aceh— Da'i asal Madinah Syaikh Ali Jaber menegaskan kembali peran ulama dalam menjaga keutuhan bangsa Indonesia.

Menurutnya, kedamaian yang relatif masih dirasakan rakyat Indonesia dikarenakan masih banyaknya ulama yang mendoakan kebaikan untuk Tanah Air.

"Indonesia masih aman, damai, diberikan perlindungan, dan masih menjadi baldatun thoyyibatun wa Rabbun gofur (kemakmuran negeri) itu karena adanya ulama. Demi Allah kalau tak ada ulama, hancur negeri," kata Syaikh dalam pernyataannya yang diterima rilis.id, hari ini (16/4/2018), di Banda Aceh.

Syaikh yang telah memperoleh kewarganegaraan Indonesia ini tampak cukup memahami dinamika sejarah kemerdekaan bangsa. 

Dia menyayangkan sikap sejumlah masyarakat Indonesia yang justru seakan melupakan peran kalangan tokoh dan ulama Islam dalam memperjuangkan kemerdekaan.

"Ulama di Indonesia punya peranan yang luar biasa dalam memperjuangkan kemerdekaan. Kita harus akui ada perjuangan para pahlawan. Tapi kita harus tahu, rakyat kita keluar menghadapi penjajah itu karena ulama, mulai dari fatwa Kyai Hasyim (Asy'ari). Jangan lupakan ulama," ujarnya.

Dia juga prihatin mengenai situasi yang akhir-akhir ini dialami para tokoh agama. 

Syaikh meminta pihak-pihak tertentu tidak mengkriminalisasi para ulama, namun justru menggandeng para warasatul anbiya' (ulama pewaris para Nabi) itu. 

"Dekatlah sama ulama. Minta pentunjuk ulama," serunya.

Editor: Elvi R


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)