logo rilis
Syahrul Yasin Limpo Dinilai Pantas Jadi Cawapres Jokowi, Ini Alasannya
Kontributor
Sukma Alam
25 Mei 2018, 11:17 WIB
Syahrul Yasin Limpo Dinilai Pantas Jadi Cawapres Jokowi, Ini Alasannya
FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Makassar— Hasil survei Charta Politica, mantan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (SYL) mempunyai peluang dalam bertarung di bursa calon wakil presiden (Cawapres) pendamping Joko Widodo. Politisi yang baru masuk ke Partai NasDem ini memiliki popularitas 17,3 persen dengan tingkat kesukaan 90,3 persen.

Pengamat politik dari Universitas Hasanuddin, Makassar, Azwar Hasan, mengatakan, elektabilitas SYL akan terus meningkat bila Partai NasDem memberikan dukungan resmi.

"Saya kira ini baru elektabilitas pribadi Pak Syahrul. Ini akan melejit ketika mendapatkan dukungan penuh dari Partai NasDem," katanya di Makassar, Jumat (25/5/2018).

Menurut Azwar,  masuknya SYL ke Partai NasDem bukanlah hal yang terlalu mengejutkan. SYL sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia, dan pernah memimpin Partai Golkar di tingkat provinsi.

Namun, Azwar menganggap SYL butuh dorongan dari Ketua Umum DPP Partai NasDem, Surya Paloh. SYL membutuhkan NasDem untuk bermain di kolam nasional.

"Saya kira di internal Partai NasDem cukup ketat sehingga siapapun yang mendapatkan rekomendasi maka, akan mendapatkan dorongan kuat untuk menjadi wakil presiden," katanya.


500
komentar (1)

Lamaholot Timur Sabtu, 26 Mei 2018 | 22:55
Saya melihat para cawapres yang diajukan untuk mendampingi Jokowi tidak satu pun memilki militansi ke NKRI an, semuanya hanya ambisi, termasuk Jokowi sendiri sebagai capres. Jadi klo seandainya mereka menang, saya yakin NKRI akan bubar, karena capres dan cawapres mendukung TKA China mbanjiri nkri. Jadi rakyat NKRI harus hati hati menentukan pilihannya, jgn sampai menyesal seperti sekarang. Orang pintar dan cinta NKRI tidak mungkin terperangkap dua kali pada lobang yg sama, 2019 ganti presiden