logo rilis
Swasembada Ternak Bakal Terwujud Segera
Kontributor
Tio Pirnando
29 Maret 2018, 17:12 WIB
Swasembada Ternak Bakal Terwujud Segera
FOTO: Humas Kementan

RILIS.ID, Jakarta— Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian (Kementan) I Ketut Diarminta, optimistis swasembada ternak dalam waktu dekat akan terwujud. Karenanya, Tim upaya khusus percepatan populasi sapi dan kerbau bunting (Upsus Siwab) diminta harus menjalankan tugasnya dengan sungguh-sungguh.

“Tim Upsus Siwab harus mampu mensinergikan semua potensi dan kemampuan yang ada, baik elemen pusat, maupun daerah, agar tercipta lompatan capaian peningkatan populasi dan produksi ternak yang berarti,” kata Ketut dalam keterangan resminya, Kamis (29/3/2018).

Ketut mengatakan, dalam waktu dekat, pemerintah juga menargetkan akan melakukan swasemabada protein hewani, bukan hanya dari daging sapi. Protein tersebut dari daging hewan-hewan yang kecil yang terus dikembangkan.

“Untuk menghasikan daging seperti kelinci, ayam, kambing dan domba,” paparnya.

Dia meminta, *sub sector peternakan menjadi salah satu sektor unggulan, yang perlu terus dikembangkan.

Komitmen pemerintah daerah dan dukungan sumber daya genetik, sumber daya manusia dan sumber daya lahan, akan menjadikan potensi yang memberikan pengaruh signifikan pada usaha pengembangan peternakan.

"Saya melihat,  Aceh sangat potensial dari segi geografis untuk pengembangan peternakan sapi. Potensi ini, diharapkan dapat dikelola dengan baik agar terus berkontribusi positif bagi pembangunan peternakan,” bebernya.

Ketut menyebutkan, target Imseminasi Buatan (IB) 2018 di Aceh telah mencapai 35.900 akseptor (15.900 akseptor IB regular dan 20.000 akseptor IB introduksi). Sedangkan, target kebuntingan sebanyak 25.130 ekor, serta target kelahiran sebanyak 38.403 ekor.

"Saya yakin, Aceh bisa mencapai target 100 persen tahun ini, jika seluruh elemen bisa bekerja sama dan saling mendukung," tuntas dia.

Editor: Intan Nirmala Sari


komentar (0)