logo rilis
Survei Menangkan Prabowo, Ini Reaksi Golkar
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
25 Mei 2018, 13:17 WIB
Survei Menangkan Prabowo, Ini Reaksi Golkar
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafiz Faza.

RILIS.ID, Jakarta— Partai Golkar menanggapi biasa saja terkait hasil survei Indonesia Development Monitoring (IDM) yang menempatkan elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, unggul dari Joko Widodo.

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Golkar, Sarmuji, mengatakan, jelang Pilpres 2019 memang akan banyak muncul lembaga survei dadakan dengan hasil yang aneh.

"Lembaga survei baru ini akan aktif mem-publish hasil survei yang aneh karena tidak dituntut pertanggungjawaban ilmiah dan pertanggungjawaban sosial," kata Sarmuji kepada rilis.id, Jumat (25/5/2018).

Sarmuji menambahkan, lembaga-lembaga survei baru itu muncul dengan tujuan menggiring opini publik kepada salah satu capres. Kalau ternyata nanti hasilnya tak sesuai, lanjut dia, lembaga survei itu langsung berubah nama.

"Apalagi sekarang ini era di mana benar dianggap tidak penting, yang penting adalah pembentukan opini," ujarnya.

Untuk itu, harap Sarmuji, pihaknya ingin ke depannya ada standardisasi lembaga survei. Lembaga survei yang kredibel, imbuh dia, harus membentuk asosiasi untuk memverifikasi semua lembaga yang ada.

"Kalau tidak, kepercayaan masyarakat ke lembaga survei akan hilang," pungkasnya.

Sebelumnya, IDM merilis surveinya mengenai elektabilitas capres 2019. Hasilnya, tingkat elektabilitas Prabowo Subianto unggul dari Joko Widodo. 

"Prabowo Subianto 50,1 persen, dan Joko Widodo 29,8 persen dan 20,1 persen responden tidak menjawab," ujar Direktur Eksekutif IDM, Bin Firman Tresnadi.

Editor: Sukardjito


500
komentar (0)