logo rilis
Survei LKPI: Milton-Boyman Paling Populer di Pilgub Kalbar
Kontributor
Sukma Alam
02 Mei 2018, 14:50 WIB
Survei LKPI: Milton-Boyman Paling Populer di Pilgub Kalbar
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) merilis hasil surveinya jelang pilkada di Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar). Pilkada tersebut diikuti Karolin Margret Natasa-Suryadman Gidot, Sutarmidji-Ria Norsan, serta Milton Crosby-Boyman Harun.

Dari hasil survei tersebut, masyarakat Kalbar menginginkan pemimpin yang bisa mensejahterakan dalam hal perbaikan ekonomi.

Rata-rata responden menuntut ketersediaan bahan-bahan pokok dengan harga yang stabli dan terjangkau. Menuntut harga bahan bakar minyak yang murah, dan fasilitas pendidikan yang baik.

Dari hasil survei popularitas, pasangan Milton Crosby-Boyman masih menempati posisi tertinggi yakni 78,1 persen. Kemudian diikuti Karolin Margareth-Gidot dengan 68,8 persen dan Sutarmidji-Ria Norsan 70, 8 persen.

Untuk tingkat akseptabilitas, Milton-Boyman juga menempati peringkat tertinggi dibandingkan dua pasangan Calon kepala daerah lainnya.

"Tingkat akseptabilitas atau tingkat penerimaan masyarakat Kalimantan Barat terhadap Milton -Boyman sebesar 89,9 persen disusul pasangan Sutarmidji-Norsan 70,3 persen dan pasangan Karolin Margret Natasa-Suryadman Gidot 61,3 persen," ujar Direktur Eksekutif LKPI, Arifin Nur Cahyono, Rabu (2/5/2018).

Lanjut dia, untuk Kapabilitas dan kompentesi sebagai kepala daerah Kalimantan Barat dari ketiga pasangan calon, lagi-lagi pasangan Milton -Boyman juga unggul.

"Milton meraih suara 90,7 persen, karena dianggap berprestasi saat memimpin Sintang. sementara pasangan Sutardmidji–Ria Norsan memiliki nilai kapabilitas dan kompentensi sebesar 72,1 persen dengan alasan tidak punya prestasi selama menjadi kepala daerah. Dan diurutan ketiga, pasangan Karolin Margret Natasa-Suryadman Gidot hanya mendapat suara 56,2 persen, karena sosok Karoline dianggap tidak memiliki pengalaman sama sekali sebagai kepala daerah," tandasnya.

Pada saat simulasi terbuka secara spontan tanpa memberikan nama ketiga pasangan calon kepala daerah Kalimantan Barat yang akan bertanding di Pilkada Kalimantan Barat 2018, lanjutnya, secara top of mind 1.816 responden dengan pertanyaan siapa yang akan dipilih?

Secara spontan 42,3 persen responden menjawab akan memilih pasangan Milton Crosby-Boyman Harun. Alasan memilih Milton-Boyman punya track record yang lebih baik saat menjabat sebagai kepala daerah dibanding dengan dua pasangan lainnya.

"Sementara yang memilih pasangan Sutardmidji-Ria Norsan sebanyak 24,3 persen, dan pasangan Karolin-Suryadman Gidot sebanyak 17,2 persen. Kemudian yang tidak memilih dan masih belum tahu sebanyak 16,2 persen," urainya.

Dalam survei kali ini LKPI melibatkan 1.815 responden yang diambil dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) dalam Pilkada Kalbar 2018 sebanyak 3.436.127 pemilih, yang tersebar di 167 Kecamatan dan 600 Desa/Kelurahan di 14 kabupaten/kota dengan margin of error sebesar +/- 2,3 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Responden dipilih secara random dengan teknik multistage random sampling dengan pengambilan data dari 18–29 April 2018.


500
komentar (0)