logo rilis

Survei KedaiKOPI: Wagub DKI Harus Segera Diisi
Kontributor
Sukma Alam
08 Januari 2019, 08:42 WIB
Survei KedaiKOPI: Wagub DKI Harus Segera Diisi
FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) menggelar survei yang menghasilkan bahwa posisi wakil gubernur DKI Jakarta yang kosong segera diisi. 

Salah satu survei dengan Diskusi Kelompok Terbatas (DKT) yang membicarakan kriteria dan nama yang pantas menjadi calon pendamping Anies Baswedan sebagai Wakil Gubernur di Jakarta. 

"Peserta DKT bersuara kompak bahwa posisi Wakil Gubernur tetap penting untuk Pemerintahan Provinsi," jelas Direktur Eksekutif KedaiKOPI Kunto Adi Wibowo, Selasa (8/1/2019). 

KedaiKOPI mengundang 12 panelis yang berlatar belakang akademisi, jurnalis, pengusaha, tokoh agama, pedagang, ibu rumah tangga dan pensiunan pegawai negeri sipil.

Hasil DKT menyimpulkan bahwa posisi Wakil Gubernur Jakarta merupakan posisi penting yang harus segera diisi kekosongannya. Kunto juga menambahkan bahwa kriteria utama seorang Wakil Gubernur saat ini adalah merakyat, jujur, bisa bekerjasama dengan Gubernur dan bisa melanjutkan program kerja Wakil Gubernur sebelumnya.

"Delapan dari dua belas panelis menyampaikan bahwa Wagub yang baru harus mampu dan mau melanjutkan program-program Wagub sebelumnya," jelas Kunto dilansir Antara.

Saat masuk pada sesi tokoh calon Wagub pengganti Sandiaga Uno, panelis mengajukan dua nama baru yang bisa dipertimbangkan selain tiga nama yang sudah muncul terlebih dahulu, Agung Yulianto, Ahmad Syaikhu dan Abdurrahman Suhaimi. 

"Dua nama baru itu muncul karena dicitrakan oleh panelis punya pengalaman dan kapabilitas. Igo Ilham anggota DPRD Jakarta dan Muhammad Irwansyah yang memiliki rekam jejak seperti Ahmad Syaikhu, pernah menjadi calon Wakil Gubernur. Hanya saja Irwansyah adalah cawagub Sumatera Selatan dan Walikota Pangkal Pinang sementara Syaikhu, Cawagub Jawa Barat dan Wakil Walikota Bekasi," kata Kunto.

Kunto memahami bahwa nama Agung, Syaikhu, Suhaimi, Igo dan Irwansyah ini harus melalui "fit and proper test" Gerindra dan PKS, namun kata Kunto, kelima tokoh PKS ini bisa saja dipertimbangkan untuk menjadi calon kuat pengganti Sandi Uno sebagai Wakil Gubernur Jakarta.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID