logo rilis

Survei Charta Politika, Elektabilitas Jokowi Masih Kalahkan Prabowo
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
21 Mei 2018, 21:30 WIB
Survei Charta Politika, Elektabilitas Jokowi Masih Kalahkan Prabowo
Prabowo dan Jokowi. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma.

RILIS.ID, Jakarta— Charta Politika merilis survei tingkat elektabilitas sejumlah tokoh politik dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Hasilnya, Presiden Joko Widodo masih berada di posisi teratas dengan tingkat elektabilitas di angka 51,2 persen. 

Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya, mengatakan, dari tujuh nama tokoh yang diuji, Jokowi masih unggul, disusul nama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di posisi kedua dengan elektabilitas 23,3 persen. 

"Pada nama-nama lain, tingkat elektabilitas masih berada di bawah 10 persen," kata Yunarto saat menyampaikan hasil surveinya di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, Senin (21/5/2018). 

Untuk posisi ketiga, imbuh Toto (sapaannya), ada nama mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo dengan elektabilitas 5,5 persen. Disusul, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di angka 3,4 persen. 

"Kemudian ada Agus Harimurti Yudhoyono dengan 2,7 persen, lalu Jusuf Kalla 2,0 persen dan Muhaimin Iskandar 0,6 persen," ujarnya. 

Charta Poltitika sendiri melakukan pengumpulan data pada 13-19 April 2018 melalui wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuisioner terstruktur. Jumlah sampel sebanyak 2000 responden yang tersebar di 34 provinsi. 

Survei itu menggunakan metode acak bertingkat dengan margin of error 2,19 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. 

Editor: Andi Mohammad Ikhbal


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)