logo rilis
Suropati Sindicate: Masalah Pangan Bukan karena Stok Berkurang, tapi...
Kontributor
Fatah H Sidik
12 Januari 2018, 04:31 WIB
Suropati Sindicate: Masalah Pangan Bukan karena Stok Berkurang, tapi...
Ilustrasi beras. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Peneliti Suropati Sindicate, Alhe Laitte, menilai, Indonesia sedang tak terjadi krisis beras. Menurutnya, masalah pangan belakangan ini disebabkan rendahnya serapan Badan Urusan Logistik (Bulog).

"Kenapa Bulog tidak menyerap beras petani? Apa karena lebih nyaman dan lebih praktis impor beras dari pada kerja keras membeli gabah/beras petani?" ujarnya dalam siaran pers yang diterima rilis.id di Jakarta, Jumat (12/1/2018) dini hari.

Menurutnya, Bulog harus menyerap gabah atau beras petani, khususnya pada panen raya. Dia menambahkan, kualitas gabah kini sangat bagus, sehingga petani menikmati harganya. "Antisipasi. Dua minggu lagi masuk panen raya, jangan sampai harga jatuh," katanya.

Alhe mendorong demikian, lantaran belakangan tengah terjadi panen hasil tanam Oktober 2017. Hal tersebut harus diantisipasi, lantaran harga di tingkat petani umumnya jatuh kala panen raya.

Di sisi lain, menurutnya, stok beras nasional juga surplus. Dia mencontohkan dengan data Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), di mana di atas 30 ribu ton atau melampaui kondisi normal. "Stok beras di Bulog sekitar 900 ribu ton, aman untuk rastra tiga hingga empat bulan ke depan," tandas Alhe.


#Suropati Sindicate
#Beras
#Bulog
Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)