logo rilis

Surat Suara Pilgub Jatim Sudah Terdistribusi 66 Persen
Kontributor
Budi Prasetyo
29 Mei 2018, 13:16 WIB
Surat Suara Pilgub Jatim Sudah Terdistribusi 66 Persen
Ilustrasi: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Surabaya— Komisioner KPU Jawa Timur, Hayu Shinta, mengatakan, surat suara yang sudah terkirim saat ini mencapai 66 persen dari total daftar pemilih tetap (DPT) 30.155.179 orang ditambah 2,5 persen di masing-masing tempat pemungutan suara (TPS). Seluruhnya sudah tersebar di 26 kabupaten/kota.

“Sisanya, 10.218.147 surat suara didistribusikan sampai tanggal 30 Mei,” ujar Shinta, Senin (29/5/2018). 

Sisanya 12 kabupaten/kota yang surat suaranya belum didistribusikan. Di antaranya, Kabupaten/Kota Blitar, Kabupaten/Kota Kediri, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Jombang dan Kabupaten Nganjuk.
 
"Sesuai jadwal KPU Jatim adalah pendistribusian terakhir, tetapi karena surat suaranya yang dikirim oleh pihak pemenang lelang ke kabupaten/kota tidak sesuai jumlahnya. Maka KPU Jatim memperpanjang jadwal pendistribusian hingga 30 Mei 2018," ujarnya.

Untuk wilayah kepulauan, lanjutnya, memang menjadi skala prioritas distribusi. Ada dua kabupaten, yakni Gresik dan Sumenep masuk prioritas. 

"Di kedua kabupaten tersebut sudah terkirim logistik surat suara. Namun posisinya masih di kabupaten, belum diserahkan ke kecamatan atau kepulauan. Posisinya saat ini surat suara tengah dilakukan penyortiran apabila ada yang rusak, serta pelipatan," tambahnya. 

Nanti setelah selesai dilipat dan di masukkan kotak dengan digembok, barulah dikirim ke beberapa pulau. “Kami memang targetkan seminggu sebelum pemungutan suara sudah berada di kecamatan. Tetapi karena kepulauan sifatnya menunggu kapal komersil dan ketika lebaran bakal sangat ramai. Maka antisipasinya sebelum itu telah dikirim,” urainya. 

Editor: Sukma Alam


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)