logo rilis

Sultan Minta Masyarakat Tak Terprovokasi Aksi Anarkis
Kontributor

02 Mei 2018, 13:49 WIB
Sultan Minta Masyarakat Tak Terprovokasi Aksi Anarkis
Sri Sultan HB X. FOTO: IST

RILIS.ID, Yogyakarta— Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X meminta masyarakat tak terprovokasi dengan aksi anarkis sejumlah mahasiswa saat Hari Buruh di pertigaan UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Selasa (1/5/2018) sore.

"Masyarakat jangan terpancing oleh provokasi, ya tenang saja lah," kata Sultan HB X seusai menghadiri upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Alun-alun Utara, Yogyakarta, Rabu (2/5/2018).

Menurut Sultan, aksi anarkis sejumlah mahasiswa yang diwarnai dengan pelemparan bom molotov ke Pos Polantas di kawasan pertigaan UIN Sunan Kalijaga itu sudah ditangani dengan baik oleh aparat kepolisian.

Terhadap mahasiswa, Sultan mengaku tidak ingin berpesan apa-apa, sebab menurut dia, aksi sejumlah oknum itu hanya terkait dengan protes pembangunan Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulon Progo. 

"Saya kira kalau mahasiswa enggak ya, kepentingannya Kulon Progo (Bandara NYIA) saja," kata dia.

Tidak hanya membakar Pos Polantas dengan bom molotov, sejumlah oknum peserta aksi pada Senin (1/5) sore juga menuliskan kalimat bernada ancaman terhadap Sultan HB X dengan tulisan "Bunuh Sultan" di papan baliho yang tidak jauh dari Pos Polantas. Hal itu yang kemudian turut menyulut kemarahan warga di sekitar kawasan itu untuk ikut membubarkan aksi.

Terkait hal itu, Sultan menanggapi dengan santai serta tidak berniat melaporkannya ke pihak berwenang.

"Tidak apa-apa, tidak semudah itu. Tidak usah lapor, apa-apa kok dilaporkan," kata Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat ini.

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)