logo rilis
Suka Minum Susu, Kocok Dulu Sebelum Diminum!
Kontributor
Ning Triasih
03 Mei 2018, 16:27 WIB
Suka Minum Susu, Kocok Dulu Sebelum Diminum!
ILUSTRASI: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Anda gemar minum susu kemasan? Kocok dulu sebelum diminum! Demikian anjuran Anggota Bidang Penelitian dan Pengembangan Gizi Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) Marudut.

Menurut Marudut, ada protein kasein (protein lengkap) yang mengendap di bagian bawah kemasan. Kerananya, sebelum diminum, susu sebaiknya dikocok lebih dulu.

"Kalau tidak dikocok maka sebagian besar yang akan kita minum adalah protein whey, karena protein kasein ada di bagian bawah. Padahal, yang diperlukan dalam pertumbuhan adalah kasein," kata Marudut dalam sebuah lokakarya media di Jakarta, Kamis (3/5/2018) seperti dikutip dari ANTARA.

Susu menurut Marudut adalah elemen pendukung pertumbuhan. Pasalnya, susu mengandung kalsium, fosfor, vitamin dan protein, yaitu kasein dan whey. Masalahnya, Marudut menilai, selama ini banyak yang salah kaprah memandang protein pada susu karena disamakan dengan bahan makanan lain.

"Mutu protein dalam pangan tidak sama. Protein dengan mutu terbaik adalah susu dan telur. Protein susu dan telur tidak memiliki batas karena merupakan protein sempurna dengan skor asam amino 100," ujarnya.

Lanjutnya, protein merupakan penyedia asam amino yang berguna membangun matriks tulang. Protein juga berfungsi menstimulasi hormon osteotropik Insulin-like Growth Factor-1 (IGF-1) yang dampaknya pada formasi tulang.

Untuk diketahui, pada dasarnya susu mengandung dua jenis protein, yakni whey dan kasein. Protein kasein sendiri adalah protein lengkap karena mengandung sembilan asam amino yang dibutuhkan tubuh untuk membangun otot. Termasuk mengandung karbohidrat, kalsium dan fosfor.

Kasein dikenal juga dengan antikatabolik yang dapat mencegah kerusakan otot serta membangun dan memelihara jaringan otot. Dibanding whey, kasein lebih lama dicerna tubuh. Karena itu, protein ini lebih baik dikonsumsi saat Anda tak sedang beraktivitas berat seperti olahraga, misalnya sebelum tidur.


500
komentar (0)