Home » Peristiwa » Nasional

Sudutkan Gerindra, Satria: La Nyalla Tak Bijaksana

print this page Kamis, 11/1/2018 | 23:18

Ketua Umum Satria, Nizar Zahro. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Ketua Umum Pengurus Pusat Satuan Relawan Indonesia Raya (Satria), Nizar Zahro, menilai, pernyataan La Nyalla Mahmud Mattalitti merupakan pelampiasan terhadap Gerindra, karena gagal diusung sebagai kandidat pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur. Satria merupakan organisasi sayap Gerindra.

"Saudara La Nyalla tidak bijaksana bilamana dilampiaskan terhadap Partai Gerindra, karena tidak bisa memenuhi surat tugas yang berisi mandat, tidak mendapatkan mitra koalisi sebagai prasyarat melengkapi dukungan partai. Sehingga, dia bisa mencalonkan diri sebagai cawagub Jatim," ujarnya di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (11/1/2018).

Menurut Nizar, pernyataan La Nyalla yang menyebutkan Ketua Umum DPP Gerindra Prabowo Subianto meminta Rp40 miliar pun tak masuk akal. Soalnya, dia tak dapat memenuhi prasyarat yang diajukan Gerindra, seperti mencari mitra koalisi dan pendamping.

Bahkan, sambung anggota Komisi V DPR RI itu, La Nyalla sendiri menyerahkan sepenuhnya kepada keputusan Gerindra, bila tak dapat memenuhi prasyarat hingga batas waktu yang tentukan, 20 Desember 2017. Hingga mencapai tenggat, dia tak mampu memenuhi prasyarat tersebut.

"Sesuai pengakuan surat La Nyalla, yang salah satunya berbunyi, 'Hingga batas waktu penugasan dari Partai Gerindra belum ada keputusan dan sikap politik dari Ketua Umum PAN Saudara Zulkifli Hasan terkait diri saya. Atas hal tersebut, saya kembalikan mandat penugasan tersebut kepada Bapak selaku pemberi tugas'. Selanjutnya, 'Sebagai kader, saya serahkan semua keputusan politik kepada Partai Gerindra'," urainya.

"Bagaimana mungkin Pak Prabowo meminta uang," tegas Nizar.

Isu lain yang terlanjur tersebar melalui media dalam jaringan maupun sosial, ada permintaan uang saksi. Katanya, hal tersebut merupakan bagian tugas yang tertera dalam surat Nomor 12-0036/B/DPP-GERINDRA/Pilkada/2017.

"Selain diminta mencari mitra koalisi, La Nyalla juga diminta untuk menyiapkan kelengkapan pemenangan. Adalah untuk kepentingan perangkat pemenangan La Nyalla sendiri," tuntasnya.

Penulis Zul Sikumbang
Editor Fatah Sidik

Tags:

SatriaNizar ZahroGerindraLa Nyalla MattalittiPilkada 2018