logo rilis

Sudah Saatnya Negara Muslim Tinjau Ulang Hubungan dengan Israel
Kontributor
Syahrain F.
17 Mei 2018, 16:41 WIB
Sudah Saatnya Negara Muslim Tinjau Ulang Hubungan dengan Israel
Para pemimpin negara Muslim melakukan sesi foto dalam pertemuan puncak Organisasi Kerja-Sama Islam, di Istanbul, Turki, pada 14 April 2016. Credit: AP

RILIS.ID, Jakarta— Pertemuan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) pada Jumat nanti diharapkan dapat lahirkan keputusan konkret untuk menekan Israel.

Peneliti Timur Tengah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Hamdan Basyar mengatakan, sudah saatnya negara-negara anggota OKI meninjau ulang hubungan dengan Israel.

Imbauan ini, kata Hamdan, bukan barang baru. Presiden Joko Widodo sudah menyampaikannya dalam pertemuan OKI pada Desember 2017.

“Artinya ada tindakan tegas dengan negara-negara yang punya kepedulian dengan Palestina,” ujar Hamdan kepada Anadolu Agency.

Sebelumnya, Turki sudah memulangkan Duta Besar Israel untuk Ankara, Eitan Naeh, setelah pasukan Zionis Yahudi menewaskan 60 warga Palestina dalam demo di Gaza.

Menurut Presiden Turki Reccep Tayyip Erdogan, tindakan pasukan Israel sudah masuk kategori genosida. Dia bahkan menyebut Israel sebagai "negara teroris" dan menyatakan bahwa pemerintah Turki berkabung tiga hari.

Hamdan juga mengatakan ide memboikot produk-produk Israel bisa dilakukan OKI untuk menekan Israel. Sebab boikot memiliki dampak serius bagi ekonomi Israel.

“Kalau hanya imbauan, Israel tidak akan mempan karena tidak konkret,” ujar peneliti yang telah banyak mengunjungi negara-negara di Timur Tengah ini.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)