logo rilis
Sudah Rampung 100 Persen, RKUHP 'Diketok' Habis Lebaran
Kontributor
Tari Oktaviani
02 Juni 2018, 17:00 WIB
Sudah Rampung 100 Persen, RKUHP 'Diketok' Habis Lebaran
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Anggota Panja DPR Taufiqulhadi menyampaikan Rancangan Kitab Hukum Undang-Undang Acara Pidana (RKUHP) sudah rampung 100 persen. Dia pun mengatakan setidaknya bisa diketok palu pada masa sidang berikutnya untuk disahkan.

"Sekarang alhamdulillah sudah selesai 100 persen terdiri dari 700-an lebih pasal. Tanggal 8 Juni sudah libur. Insyallah begitu masuk setelah hari raya sudah bisa diketuk dan selesai," katanya, Jakarta, Sabtu (2/6/2018).

Menurutnya, saat ini panja hanya tinggal menunggu pandangan dari fraksi atas beberapa pasal. Seperti pasal hukuman mati yang dikatakannya masih perlu dilakukan kajian sedikit lagi.

"Ada pasal-pasal yang kita anggap perlu kajian lagi dan harus ada keputusan lagi dari fraksi. Seperti hukuman mati diberlakukan di panja tapi kits harus dengar pandangan fraksi," paparnya.

Kendati begitu, dia menegaskan RKUHP sudah bisa disahkan lebih awal sebelum perayaan HUT Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2018 nanti. "Kita ketuk lebih awal sebelum tanggal 17 Agustus. Jadi kado 17-an," paparnya.

Sebelumnya, Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) berjanji DPR RI akan memberikan kado pada perayaan HUT kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 mendatang berupa pengesahan RUU KUHP.

"Kami melaporkan kepada Presiden pembahasan RUU KUHP sudah memasuki tahapan akhir. DPR bertekad mengesahkan RUU KUHP pada bulan Agustus mendatang. Ini akan menjadi kado terindah HUT kemerdekaan RI ke-73 bagi seluruh rakyat Indonesia," ujar Bamsoet dihadapan Presiden Jokowi dan para tamu undangan buka puasa bersama di rumah dinas Ketua DPR RI, Jakarta, Senin (28/05/18).

Editor: Elvi R


500
komentar (0)