logo rilis

Stabil, ​Harga dan Stok Pangan di Bekasi H-1 Lebaran
Kontributor

14 Juni 2018, 15:58 WIB
Stabil, ​Harga dan Stok Pangan di Bekasi H-1 Lebaran
Ilustrasi sayur-sayuran. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Bekasi— Harga dan stok pangan pada H-1 Lebaran (Kamis, 14/6/2018) di Bekasi, Jawa Barat, terpantau stabil. Demikian hasil pemantauan Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (BKP Kementan) di Pasar Cibitung dan Pasar Tambun.

Kepala UPTD Pasar Cibitung, Nur Alamsyah, menyatakan, harga pangan hingga H-1 Lebaran stabil, lantaran pasokan berlebih. Tren serupa, diklaim terus berlangsung usai Idulfitri.

Hal tersebut, juga diutarakan Korlap Pasar Tambun, Sarya Wijaya. "Kelancaran distribusi bahan pangan juga sangat mendukung," katanya.

Sementara itu, Kapus Distribusi dan Cadangan Pangan BKP, Riwantoro, mengklaim, stabilnya harga itu tak lepas dari beberapa kebijakan. Di antaranya, membangun jaringan pelaku distribusi antara wilayah sentra dengan DKI Jakarta sebagai barometer nasional.

Kemudian, gelar pangan murah di sekitar 500 titik, optimalisasi peran Toko Tani Indonesia (TTI) dan Toko Tani Indonesia Center (TTIC) di 20 provinsi, mengawasi pasokan dan harga pangan, serta memanfaatkan informasi dan data base dari pihak terkait.

Terkait daging sapi/kerbau, daging ayam, dan telur, melibatkan swasta yang bersedia menjual sesuai harga acuan. Begitu pula dengan operasi pasar.

"Keberhasilan ini tentu tidak terlepas dari sinergi dan kerja sama dari semua sektor, baik pemerintah maupun swasta," tukas Riwantoro.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)