Home » Peristiwa » Dunia

Spanyol Klaim Rusia Campur Tangan Kemerdekaan Catolonia

print this page Selasa, 14/11/2017 | 08:43

Menteri Pertahanan Spanyol Maria Dolores de Cospedal. FOTO: asturiasdiario

RILIS.ID, Brussels— Pemerintah Spanyol mengklaim, kemerdekaan Catolonia disebabkan campur tangan kelompok bermarkas di Rusia menggunakan media sosial.

Menteri Pertahanan Spanyol Maria Dolores de Cospedal mengatakan, pihaknya memiliki bukti bahwa mereka menggunakan Twitter, Facebook dan laman lain untuk menyiarkan ke pemberontakan Catolonia.

"Yang kami ketahui pada saat ini adalah bahwa yang terjadi itu sebagian besar berasal dari wilayah Rusia," kata Dolores  de Cospedal.

"Terdapat kelompok publik dan swasta, yang mencoba untuk mempengaruhi situasi dan menciptakan ketidakstabilan di Eropa," tambahnya.

Sementara, Anggota Parlemen Uni Eropa untuk partai PDeCat pemimpin separatis Catalan Carles Puigdemont, Ramon Tremosa membantah adanya campur tangan Rusia dalam kemerdekaan Catolonia.

"Mereka yang mengatakan bahwa Rusia membantu Catolonia adalah mereka yang telah membantu armada Rusia dalam beberapa tahun terakhir, terlepas dari boikot UE," demikian cuitan Tremosa, merujuk laporan media Spanyol bahwa Spanyol mengizinkan kapal perang Rusia untuk melakukan pengisian bahan bakar di pelabuhannya.

 

 

Penulis Sukma Alam
Sumber Antara

Tags:

CatoloniaPuigdemontSpanyolRusiaBarcelona

loading...