Home » Peristiwa » Nasional

Soal Yerusalem di Buku IPS, Ini Kata Penerbit Yudhistira

print this page Rabu, 13/12/2017 | 03:13

RILIS.ID, Jakarta— Penerbit Yudhistira menyampaikan klarifikasi atas pencantuman Yerusalem sebagai ibu kota Israel dalam buku pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas VI Sekolah Dasar (SD), karangan Sutoyo dan Leo Agung.

Dalam surat bernomor 12/Pnb-YG/XII/2017, tertanggal 12 Desember 2017, Penerbit Yudhistira menjelaskan, bahwa data tersebut diambil dari internet world population data sheet 2010.

“Kami tidak mengetahui kalau ternyata data tersebut masih menjadi perdebatan dan belum diakui secara internasional," jelasnya dalam surat yang ditandatangani Dedi Hidayat, Kepala Penerbitan Yudhistira, Selasa (12/12/2017).

Lebih lanjut, dalam surat yang ditujukan kepada seluruh Kepala Sekolah dan Guru tersebut, Dedi berkilah bahwa beberapa sumber di internet juga mencantumkan hal yang sama. Namun ia tidak spesifik mencantumkan sumber yang dimaksud.

"Berkenaan dengan hal tersebut di atas, kami mohon maaf apabila sumber yang kami ambil dianggap keliru. Kami akan melakukan perbaikan atau revisi isi  buku tersebut pada cetakan berikutnya," tandasnya.

Penulis Tio Pirnando

Tags:

Buku IPSPenerbit Yuhdistira YerusalemIbu Kota Israel