logo rilis
Soal UNBK Bangkitkan Nalar Siswa, tapi...
Kontributor
Elvi R
16 April 2018, 12:58 WIB
Soal UNBK Bangkitkan Nalar Siswa, tapi...
Siswa SMA/MA Mulai Mengikuti Ujian Nasional 2018. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut sebagai instrumen untuk membangkitkan nalar siswa. Pengamat pendidikan Eduscape Indonesia Indra Charismiadji menilai langkah berani pemerintah untuk menerapkan High Order Thinking Skills (HOTS) harus dibarengi dengan persiapan yang matang. 

"Saya salut dengan Pak Mendikbud Muhadjir karena berani menerapkan HOTS, ini adalah langkah maju kita yang sudah tertinggal 75 tahun dibandingkan negara lain," ujar Indra kepada rilis.id, di Jakarta, Senin (16/4/2018).

Kendati demikian, lanjutnya, HOTS harus dilaksanakan berbarengan dengan sistem pembelajaran di dalam kelas. Perlu ada perbaikan dalam sistem belajar mengajar, serta fasilitas penunjang lainnya.

"Perlu segera adanya perbaikan yang terstruktur, masif, dan sistematis," katanya.

Indra menyebut, selama ini sistem pembelajaran belum menggunakan pendekatan HOTS. Sehingga penggunaan soal berbasis HOTS menuai banyak keluhan dan kritik.

"Karena belum ada pembelajaran HOTS makanya banyak protes. Makanya harus diperbaiki, tapi kan UN tidak menjadi tolok ukur kelulusan, sekarang tinggal petakan dimana yang kesulitan untuk HOTS dan lain sebagainya," jelas Indra. 

Sebelumnya, penggunaan soal matematika berbasis HOTS di UNBK 2018 menuai banyak kritikan dari siswa. Mereka mengeluhkan soal yang disajikan pemerintah dalam UNBK 2018 tidak sesuai dengan kisi-kisi pemerintah dan try out yang diadakan sekolah. 


500
komentar (0)