logo rilis
Soal Pengangkatan 700 Ribu PNS, Kemenpan-Rb Pertimbangkan Kemampuan Daerah
Kontributor
Tio Pirnando
27 Maret 2018, 11:02 WIB
Soal Pengangkatan 700 Ribu PNS, Kemenpan-Rb Pertimbangkan Kemampuan Daerah
ILUSTRAS: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur mengatakan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menyampaikan data kekurangan guru Pegawai Negari Sipil (PNS) seluruh Indonesia, yakni sekitar 700 ribu orang.

Menurut Asman, dari data tersebut ada beberapa pertimbangan yang akan di lakukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) terkait lowongan dan pengangkatan CPNS untuk profesi guru.

"Tentu kita di dalam memberikan formasi kita juga mempertimbangkan hal lain. Bukan hanya kekurangan guru tapi juga kemampuan keuangan," ujar Asman di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (27/3/2018).

Dia melanjutkan, kemampuan  keuangan daerah  dalam hal belanja pegawainya merupakan salah satu pertimbangan Kemenpan RB.

"Sekarang masih banyak daerah yang belanja pegawainya diatas 50 persen. Nah ini juga jadi salah satu pertimbangan kita. Kemudian sebaran guru," paparnya.

Saat Ini, kata politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu, Kemenpa-RB dan Kemendikbud sedang mengkaji prioritas penyebaran CPNS. Karena, pemerintah tak ingin adanya penumpukan guru di satu sekolah maupun satu daerah.

"Ada di satu tempat guru berlebih dan lain enggak cukup. Sekarang kita sedang data dengan beliau (Mendikbud) kira-kira dimana posisi guru yang betul- betul kurang. Itu akan jadi prioritas kita. Kita harap nanti 2018 ini guru menjadi prioritas utama," tuntasnya.

Editor: Elvi R


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)