logo rilis
Soal Koalisi Demokrat, AHY Sebut Peluang Masih Terbuka
Kontributor
Andi Mohammad Ikhbal
06 Juni 2018, 17:10 WIB
Soal Koalisi Demokrat, AHY Sebut Peluang Masih Terbuka
Komandan Kogasma Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono. FOTO: Istimewa.

RILIS.ID, Medan— Sejauh ini arah koalisi Partai Demokrat dalam Pemilu serentak nasional 2019 masih tertutup "kabut tebal". Hal ini diklaim tak jauh berbeda dengan sejumlah partai politik (parpol) lainnya yang belum ada arah pasti.

Begitu kata Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat kongkow bareng wartawan dan pimpinan media di Roda Tiga Kafe Medan, Sumatera Utara, kemarin.

"Anything is possible. Semua bisa terjadi di last minute," kata AHY di acara tersebut.

AHY menjelaskan, koalisi di waktu-waktu akhir pernah dialaminya sendiri ketika maju dalam kontestasi Pilgub DKI Jakarta. Meski pada akhirnya kalah, namun AHY mengaku, mendapat banyak pengalaman berharaga.

Inilah yang membuat dia akhirnya dipercaya menjadi Komandan Kogasma Demokrat. Di mana, punya tujuan untuk percepatan dan persiapan Demokrat dalam menghadapi perhelatan politik akbar tahun depan.

Apalagi, dalam berbagai survei nama AHY masuk sebagai bursa bakal capres alternatif yang bakal menghadapi Jokowi maupun Prabowo. Tapi, kata AHY, partainya tetap tak bisa saja mengajukan calon sendiri.

"Harus berkoalisi dengan partai lain. Akan ada kesepakatan-kesepakatan. Jadi, ini permainan tingkat tinggi," kata dia.

Sebelum menggelar pertemuan hangat dengan kalangan media, AHY menyempatkan diri bersilaturahmi dengan Tuan Guru Babussalam Syekh Hasyim Al Syarwani di perkampungan religius Besilam, Kabupaten Langkat.

Dalam silaturahmi ini, ia beberapa kali terlihat meminta doa terkait berbagai persiapan Demokrat dalam menatap Pemilu 2019.

"Kalau saya masih mempersiapkan diri, karena akan ada peningkatan konstelasi politik jelang Pemilu nantinya,” kata AHY.

AHY menceritakan bahwa kunjungannya ke Langkat ini juga merupakan bagian dari safari politik yang dilakukannya selaku Komandan Kogasma Partai Demokrat untuk Pemilu 2019. 

Setelah Sumut, dia mengaku akan melanjutkan lawatan ke Provinsi Riau. “Mohon didoakan guru agar seluruh kegiatan kami dapat berjalan sukses dan bermanfaat bagi masyarakat,” tuturnya.

Tuan Guru Babussalam, Syekh Hasyim Al Syarwani sendiri usai mendengar permintaan dari AHY langsung memberi nasehat agar dalam berjuang selalu mengutamakan kepentingan umat. 

"Seluruh daerah yang kamu kunjungi itu, pusatnya di sini. Murid kami ada di mana-mana. Dan, kalau sudah bertekad, kami akan ikut berjuang,” ungkapnya.

AHY berkunjung ke Sumut selama tiga hari, dimulai Senin (4/6/2018) kemarin. Pada hari pertama kunjungan, AHY menyempatkan diri bertemu dengan para tokoh agama dan tokoh adat di Deli Serdang.


500
komentar (0)