logo rilis
Soal Cawapres Jokowi, Golkar: Kami Siapkan Kader Terbaik
Kontributor
Tio Pirnando
25 Maret 2018, 08:01 WIB
Soal Cawapres Jokowi, Golkar: Kami Siapkan Kader Terbaik
Ilustrasi: RILIS.ID/Fafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Ketua DPP Partai Golkar Happy Bone menegaskan, partainya tidak pernah menyiapkan calon pendamping Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk maju di Pemilihan Presiden 2019 (Pilpres) nanti.

Ia mengatakan, Golkar saat ini lebih konsentrasi memenangkan kandidat yang diusung maupun didukung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 dan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.  

"Kita memang sampai saat ini tidak fokus pada Cawapres. Karena target kita saat ini adalah meraih suara sebanyak-banyaknya. Pertama di Pilkada targetnya di Pilkada ini 60 persen, kalau 60 persen ini tercapai baru kita bicara yang lain kalau ini belum tercapai kita ingin kerja keras dulu. Dan Pileg nanti kita ingin mendapatkan suara yang maksimal target kita 18 persen sehingga dari 91 kursi ke 110 kursi di 2019," ujarnya saat ditemui dalam acara Orientasi Fungsionaris Partai Golkar, di Kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu (24/3) kemarin.

Soal calon pendamping Jokowi di Pilpres 2019, kata dia, partainya menyerahkan sepenuhnya ke bekas Wali Kota Solo itu. Jika diminta, Golkar akan siap menyodorkan kader terbaik untuk Jokowi.

"Kalau diminta kita siap. Kita tidak akan menawarkan diri. Kami yakin Presiden Jokowi bijaksana kemudian bisa mengapresiasi dan menghargai setiap perjuangan yang dilakukan Partai Golkar. Karena kita kan punya orang-orang yang cukup mumpuni yang profesional cukup banyak, kalau diminta pasti kita siap," tuntas dia.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan siap menjadi pendamping Presiden Joko Widodo pada Pilpres 2019 mendatang. Namun, semuanya ia serahkan kepada Jokowi yang akan memutuskannya.

"Itu kan diserahkan kepada beliau. Siapa yang ditunjuk terserah beliau," ujar Airlangga di kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu (24/3) kemarin.

Dia menegaskan, tugas Golkar saat ini memastikan dan mendukung suksesnya program-program pemerintah Jokowi-JK yang tertuang dalam Nawacita. Selain itu, Golkar konsisten mendukung Jokowi untuk maju pada periode kedua di Pilpres 2019 nanti.

Lebih lanjut ia menjelaskan, saat pendeklarasian mendukung Jokowi untuk di Pilres 2019 mendatang, Golkar tidak pernah menyodorkan nama kader untuk menjadi cawapres.

"Kita tidak ada persyaratan mengenai hal itu pada saat kita mendukung Pak Jokowi. Kita belum pernah menyodorkan cawapres. Kita tidak mau berandai-andai," tukas dia.

Editor: Sukma Alam


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)