logo rilis
Siti Zuhro: Peta Politik Pilpres 2019 Akan Mirip dengan Pilkada DKI
Kontributor
Budi Prasetyo
05 Juni 2018, 09:14 WIB
Siti Zuhro: Peta Politik Pilpres 2019 Akan Mirip dengan Pilkada DKI
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Surabaya— Pengamat politik dari LIPI, Siti Zuhro, menilai, peluang munculnya tiga pasangan dalam Pemilihan Presiden 2019 kembali terbuka. Jika dilihat dari fenomena yang terjadi, dia memprediksi akan ada poros baru yang dimotori Partai Demokrat. 

"Kemungkinan tiga pasangan memang besar. Nanti akan ada poros dari Mega (Ketua Umum PDIP), Prabowo (Ketua Umum Gerindra) dan SBY (Ketua Umum Demokrat)," katanya, Selasa (5/6/2018).

Dia mengatakan, peta koalisi di Pilpres nanti hampir mirip dengan Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta. Ia menyebut, peluang mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo terbuka lebar diusung poros baru.

"Mungkin nanti ada Prabowo dengan siapa, Gatot dengan siapa dan Jokowi dengan siapa. Itu seperti pola yang terjadi pada Pilkada DKI," katanya. 

"Himpitanmya Pilkada DKI dengan nasional sangat besar," tambahnya. 

Namun, menurut dia, elite parpol harus mendengar suara masyarakat dalam menentukan arah koalisi. Sebab, itu adalah salah satu faktor penentu kemenangan dalam Pileg 2019 nanti. 

"Yang patut dipahami tidak sekedar elite yang muncul yang patut didengarkan elite adalah apa yang dikehendaki masyarakat. Apa kehendak yang muncul pemimpin baru atau sosok petahana," pungkasnya. 

Editor: Sukma Alam


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)