Home » Elektoral

Siti Zuhro: Kemenangan Pilgub Jatim Dilihat Kinerja Bukan dari Trah Tokoh

print this page Kamis, 11/1/2018 | 15:42

Pengamat politik dari LIPI Siti Zuhro. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Surabaya— Pengamat politik dari LIPI Siti Zuhro menilai pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno harus bekerja keras untuk menaikkan elektabilitasnya di Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018. 

Gus Ipul,  yang selama sepuluh tahun menjadi Wagub harus bisa menerjemahkan kinerja Soekarwo.

"Ya memang kalau yang mendampingi Puti (Puti Guntur Soekarno) maka harus kerja keras. Ipul sebagai wagub (wakil gubernur) tidak bisa bercerita karena yang bekerja Pakde Karwo. Puti bukan orang Jawa Timur dan secara nasional sayup-sayup sampai sehingga keduanya harus kerja keras," kata Siti, Kamis (11/1/2018).

Siti menjelaskan, penentu kemenangan dalam Pilgub Jawa Timur mendatang adalah kualitas kepemimpinan Gus Ipul dan Khofifah Indar Parawansa sebagai cagub. Pemilih Jatim akan melihat kinerja dan track record kandidat, bukan trah kepemimpinan yang diandalkan. 

"Murni mengandalkan kepemimpinan Gus Ipul dan Khofifah. Sosok nomor satu menentukan menang atau kalah," tegasnya. 

Sekadar diketahui,  pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno diusung oleh PDIP,  PKB, PKS dan Gerindra di Pilgub Jatim 2018. 

Pasangan itu akan berhadapan dengan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak yang diusung Demokrat, Golkar, Nasdem,  Hanura,  PPP dan PAN. 

Penulis Budi Prasetiyo
Editor Sukma Alam

Tags:

Siti ZuhroGus IpulPuti guntur