logo rilis
Siti Zuhro: Gatot Cium Tangan SBY Ibarat Junior Hormat ke Senior
Kontributor
Budi Prasetyo
04 Juni 2018, 10:42 WIB
Siti Zuhro: Gatot Cium Tangan SBY Ibarat Junior Hormat ke Senior
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Pengamat politik dari LIPI Siti Zuhro menilai aksi cium tangan Gatot Nurmantyo ke ketua umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono merupakan representasi penghormatan junior kepada seniornya. Pasalnya, di militer, Gatot adalah junior SBY. 

"Ini memang kekhasan Indonesia, nilai budaya Indonesia senior menyayangi junior dan junior menghormati senior. Itu budaya tidak hanya keluarga tapi juga di komunitas bahkan hubungan antar elite," katanya pada Senin (4/6/2018).

Menurut Siti, aksi Gatot itu bisa dimaknai bermacam-macam karena memang saat ini mendekati tahun politik. Bisa jadi, aksi cium tangan itu merupakan simbol untuk meminta doa restu kepada SBY, sekaligus meminta dukungan Demokrat. 

"Kita tahu tahu ini politik. Menyongsong pengusungan Capres dan Cawapres. Tidak mungkin tidak terkait politik
Memang tidak dimaknai respect, selain rasa hormat dan menghargai, berterima kasih dan berkata lain mohon doa restu dan didukung," tambahnya. 

Dijelaskannya, besar kemungkinan Partai Demokrat akan mengusung Gatot Nurmantyo di Pilpres 2019 mendatang. 

"Kalau saya melihat skenario nanti bisa ada tiga pasang. Seperti Pilkada DKI nanti skemanya mungkin seperti itu," pungkasnya. 

Sebelumnya, mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) TNI Gatot Nurmantyo menghadiri acara buka puasa bersama di rumah Mantan Menko Perekonomian dan juga bos CT Corp, Chairul Tanjung di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (2/5/2018) kemarin. Dalam acara tersebut, Gatot mencuri perhatian ketika terlihat mencium tangan Presiden RI ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Editor: Sukma Alam




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID