Home » Elektoral

Sipol Tak Terdaftar, Partai PBB Minta KPU Berbenah

print this page Senin, 13/11/2017 | 23:15

Persidangan sengketa Sipol di Bawaslu. FOTO: RILIS.ID/Armidis Fahmi

RILIS.ID, Jakarta— Politisi Partai Bulan Bintang (PBB) Yurisman Star menilai, sistem informasi partai politik (Sipol) belum siap diterapkan dalam administrasi kepemiluan. 

"Sipol ini belum bisa diterapkan. Apapun bentuknya ini kan negara berkaitan dengan hak orang banyak," kata Yurisman Star di kantor Bawaslu Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin, (13/11/2017).

Sipol yang diwajibkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) tentang Peraturan KPU Nomor 11 tahun 2017 bahkan tidak terdaftar di Kementerian Komunikasi dan Informatika. Sipol belum layak diterapkan dalam sistem kepemiluan. 

Ketidaksiapan KPU itu, sambung Yurisman, membuat sistem kepemiluan semakin kacau. Pasalnya, ada hak partai politik yang dirampas bila Sipol akan tetap dipertahankan. 

Karenanya, dia menyarankan agar KPU melakukan pembenahan dalam administrasinya. Dengan begitu, tidak ada hak partai politik yang terabaikan. 

"KPU harus berbenah diri baik secara admistratif maupun legalitas karena akan memakan korban," pungkasnya. 

Apalagi, sistem keamanan Sipol juga masih sangat lemah. Sistem kemanan itu juga akan berimplikasi serius terhadap data partai politik. 

Penulis Armidis Fahmi
Editor Yayat R Cipasang

Tags:

Bawaslu RI Sipol KPU sengketa administratif

loading...