logo rilis
Singgah di Pohuwato, Peserta Kirab Membawa Misi Keberagaman
Kontributor

01 Oktober 2018, 13:51 WIB
Singgah di Pohuwato, Peserta Kirab Membawa Misi Keberagaman

RILIS.ID, Pohuwato— Kabupaten Pohuwato, Gorontalo dipilih sebagai daerah yang menjadi titik singgah kirab pemuda perwakilan dari 34 provinsi dan 10 organisasi  kepemudaan. Kabupaten baru yang kerap disebut sebagai Bumi Panua tersebut memiliki berbagai macam adat istiadat, budaya hingga destinasi wisata. 

Mewakili Menpora RI Imam Nahrawi, Kepala Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga, Suryati, menjelaskan bahwa agenda kirab pemuda ini akan menjadi sarana untuk memfasilitasi para pemuda Indonesia agar dapat mengembangkan kreativitas, Kapasitas, Kemandirian dan daya saing secara global, dimana semangat nasionalisme akan bangkit dengan melihat keberagaman dari setiap daerah yang disinggahi dan secara sendirinya muncul semangat untuk membangun serta menjaga kebhinekaan NKRI.

“Kegiatan ini akan dilaksanakan diseluruh Provinsi yang ada di Indonesia, dimana kegiatan ini akan meningkatkan persatuan dan patriotisme pemuda yang selaras dengan makna dari Kebhinekaan, Mengkondisikan langkah-langkah inovatif dalam rangka meningkatkan perlindungan terhadap pemuda dari faktor-faktor destruktif, serta menginspirasi terlaksananya rangkaian kegiatan kepemudaan di seluruh daerah untuk melakukan pelayanan kepemudaan, memenuhi hak pemuda, dan membuka seluas-luasnya partisipasi pemuda dalam pembangunan,” ungkap Suryati

Sementara itu, Deputi I Asdep Bidang Peningkatan Kreatifitas Pemuda Kemenpora RI, Abdul Muslim mengatakan, peserta Kirab Pemuda 2018 sebanyak 45 orang ditambah 5 orang pendamping, terdiri dari 34 utusan dari setiap provinsi serta 10 perwakilan dari pemuda nasional, membawa misi jangka panjang agar para pemuda mampu untuk mengenalkan dan membuka cara pikir pemuda agar bersatu memikirkan masa depan bangsa.

"Misi yang dibawa adalah melahirkan pemuda yang berpandangan ke depan serta mengetahui keberagaman yang dimiliki Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," ujar muslim. 

Di sisi lain, Bupati Kabupaten Pohuwato Syarif Mbuinga, dalam sambutannya mengatakan bahwa dirinya atas nama Gubernur Gorontalo memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kehadiran peserta Kirab Nusantara 2018 di Bumi Panua, Syarif pun mengajak agar pemuda harus berani untuk mewujudkan mimpi-mimpi bangsa Indonesia.

“Saya sangat memberikan apresiasi atas kehadiran Para Pemuda dari seluruh nusantara di Bumi Panua, maka sebagai pemuda, nusantara, pemuda gorontalo dan Pemuda Kabupaten Pohuwato, kita harus memberikan wahana kebhinekaan, kebebasan, kebersamaan serta persaudaraan kita sebagai warga negara Indonesia, kita harus menjadi pemersatu dan penyebar jiwa toleransi, hormat, dan menghargai segala perbedaan, mari dengan bersama kita harus berani menolak perilaku yang menyimpang yang notabenenya merusak masa depan demi Indonesia kita Bersama," jelas Syarif.

Sebagai informasi, kirab pemuda 2018 diikuti oleh pemuda dari perakilan 34 Provinsi dan 10 OKP, rombongan akan menempuh perjalanan selama 73 hari melewati 17 provinsi di Indonesia, yang rencananya akan berakhir pada 15 November 2018. (Yat/adv)




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID