logo rilis
Sinergi dengan Balitjestro, Balit Palma Kembangkan Jeruk di Antara Kelapa
Kontributor
Fatah H Sidik
11 Juni 2018, 23:41 WIB
Sinergi dengan Balitjestro, Balit Palma Kembangkan Jeruk di Antara Kelapa
Balitjestro menyerahkan benih jeruk kepada Balit Palma di Kebun Percobaan Punten Balitjestro, Batu, Jawa Timur, Jumat (8/6/2018). FOTO: Balitbangtan Kementan

RILIS.ID, Malang— Balai Penelitian (Balit) Tanaman Palma Balitbangtan Kementan menjalin kerja sama dengan sejumlah instansi di bawah koordinasi Kemenristek Dikti. Misalnya, dengan Pusat Iptek Pemanfaatan Hasil Hutan Tropis KLHK. Kerja sama terkait pemanfaatan plasma nutfah dan hasil tanaman aren.

Balit Palma juga bersinergi dengan Pusat Iptek Material Maju LIPI, akhir April 2018. Kerja sama menyangkut pemanfaatan kayu batang kelapa. Selanjutnya, kolaborasi dengan Pusat Unggulan Iptek (PUI) lingkup Balitbangtan.

Ada beberapa lembaga PUI yang berpotensi untuk bermitra. Di antaranya, PUI Serealia, PUI Tanaman Padi, PUI Kacang dan Umbi, PUI Tanaman Sayuran, PUI Buah Tropika, PUI Tanaman Jeruk, PUI Tanaman Serat, PUI Tanaman Rempah dan Obat, PUI Pascapanen, serta PUI Bioteknologi Molekuer Pertanian Tropika.

Inisiasi sinergi dengan PUI Serealia, diawali dengan kerja sama penanaman benih jagung varietas Nakula Sadewa (Nasa) pada lahan di antara koleksi varietas kelapa dalam bido umur satu tahun. Ditanam menggunakan jarak tanam 6 x 16 meter sistem pagar.

Sedangkan dengan PUI Jeruk, kerja sama melalui pengembangan beberapa varietas unggul jeruk dari PUI Jeruk Balitjestro pada lahan di antara kelapa. Menindaklanjuti sinergisitas tersebut, Kepala Balit Palma mengadakan pertemuan dengan Kepala Balitjestro, Dr. M Taufiq Ratule, usai studi banding pelaksanaan reakreditasi dan upgrade ISO 9001:2008 ke ISO 9001:2015 di Balittas, Malang, Jawa Timur, Jumat (8/6/2018). 

Kegiatan dilanjutkan penandatanganan dokumen serah terima benih jeruk dari Balitjestro diwakili Kabag TU Ir. Wisnu Unjoyo kepada Kepala Balit Palma, Dr. Ismail Maskromo, di Kebun Percobaan Punten, Balitjestro, Batu, Jatim. Acara dihadiri Kasie Yantek, Jaslit Balitjestro Dr. Anang Triwiratno, serta Staf Seksi Yantek Bagian Kerja Sama dan Penanggung Jawab Perbenihan Ir. Agus Sugiyatno MP.

Selanjutnya, kunjungan ke lokasi perbenihan jeruk di Kampung Punten, lokasi pengembangan jeruk di Kampung Banaran, serta Kantor Balitjestro di Tlekung, Batu. Tim Balit Palma diikuti KTU Robert C Pua, peneliti muda Aditya Pradana Yudha, serta kandidat doktor Universitas Brawijaya Malang Patrik Pasang.

Benih jeruk yang diperoleh, akan dikembangkan pada lahan kelapa yang berjarak tanaman 6 x 16 meter dan pada populasi kelapa dengan tingkat penetrasi cahaya tinggi di Manado, Sulawesi Utara. Sebab, tanaman kelapanya sudah jarang dan bertujuan meningkatkan perolehan nilai tambah.

Beberapa varietas unggul jeruk dari Balitjestro itu, pun bakal ditanam di kebun petani kelapa dengan agroklimat berbeda sesuai potensi dan syarat tumbuh masing-masing varietas. Harapannya, diperoleh data pertumbuhan, perkembangan, dan produksi beberapa varietas unggul jeruk pada masing-masing lokasi pengembangan. 

Diharapkan sinergi Balit Palma dan Balitjestro, dilanjutkan dengan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) aspek yang lebih luas. Diharapkan pula, segera dibangun kerja sama sinergi antarlembaga lingkup Balitbangtan lain maupun instansi lain dari berbagai institusi penelitian di Indonesia, guna menerapkan invensi dan inovasi teknologi yang telah dihasilkan kepada petani dan stakholder.

Sumber: Balitbangtan


500
komentar (0)