logo rilis

Sikap Tangkas saat Terjebak Teror Bom di Dalam Gedung
Kontributor
Ning Triasih
16 Mei 2018, 16:14 WIB
Sikap Tangkas saat Terjebak Teror Bom di Dalam Gedung
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Ada dua pilihan ketika Anda terjebak di lokasi aksi bom terlebih di dalam ruangan, diam di tempat atau lari menghindar. Tapi, ada beberapa hal yang perlu Anda pahami lebih dulu soal ledakan. 

Seperti informasi yang beredar lewat pesan berantai WatsApp, dikatakan bahwa karakteristik ledakan secara umum tentang ledakan berupa pecahan, dengan poin sebagai berikut:

1. Radius 0-50 meter adalah mematikan.

2. 50-150 meter adalah melukai.

3. Kecepatan pecahan ledakan kurang lebih 850 kilometer per jam.

4. Sudut pecahan dari titik ledak mengarah ke atas kurang lebih membentuk sudut pecahan 90 derajat.

5. Tekanan ledakan 90 persen mengarah ke atas dengan membentuk penyebaran sudut elevasi 90 derajat, sedangkan 10 persen tekanan ledakan menuju ke bawah.

Dari poin-poin tersebut, ada beberapa kemungkinan yang bisa dilakukan saat terjadi ledakan. Pertama, mustahil bisa menghindar dengan cara berlari jika Anda mendengar suara ledakan keras. Pasalnya, kecepatan ledakan sangat tinggi. Karena itu, pertimbangkan sudut ledakan berkisar 90 derajat.

Lalu apa yang arus dilakukan saat mendengar suara ledakan?

1. Satu-satunya cara terbaik saat Anda mendengar suara ledakan adalah segera ambil sikap tiarap. Anda akan sulit menghindar (ini adalah ilmu prosedur standard yang senantiasa diajarkan TNI saat latihan).

2. Setelah Anda tiarap, segera mengambil langkah Perkiraan Keadaan Taktik/Perkiraan Keadaan Medan (PKT/PKD).

3. Setelah situasi tampak memungkinkan, jangan lupa memperhatikan dan mengingat pintu keluar darurat terdekat. Dalam kondisi panik, jangan sampai Anda tak bisa keluar dari lokasi kejadian.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)