logo rilis
Siap-siap, Harga Bahan Pokok Lebaran Melambung
Kontributor
Tari Oktaviani
26 April 2018, 16:09 WIB
Siap-siap, Harga Bahan Pokok Lebaran Melambung
Pedagang Pasar. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Ketua Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Abdullah Mansuri mengatakan, kurangnya persiapan pemerintah jelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) 2018 akan berdampak pada kenaikan harga bahan pokok. Menurutnya, tahun ini pemerintah relatif lamban melakukan persiapan terkait HKBN 2018 yakni dalam rangka Ramadan dan Idul Fitri.

"Persiapan pemerintah menurut saya tahun ini kacau, kalau dulu dua bulan sebelum Ramadan sudah intens melakukan persiapan, komunikasi, pertemuan-pertemuan, pembahasan dan antisipasi. Kalau sekarang relatif lamban. Ini berbahaya untuk radaman," ujar Mansuri kepada rilis.id, di Jakarta, Kamis (26/4/2018).

Mansuri menyebut, kenaikan harga bahkan sudah terasa sejak dua minggu terakhir. Beberapa bahan kebutuhan pokok yang mulai terasa mengalami kenaikan seperti beras, minyak goreng, cabai merah besar, bawang putih dan merah, telur, minyak goreng, gula dan garam.

"Padahal konsumsi tidak ada kenaikan tapi harga merangkak naik," katanya.

Dia menilai kenaikan ini merupakan sinyal adanya pasokan yang terganggu. Harga merupakan indikator utama pasokan di pasar.

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan terus bersinergi dengan pemerintah daerah dan para pelaku usaha untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan pasokan bapok jelang HKBN 2018.

Staf Ahli Bidang Hubungan Internasional Kementerian Perdagangan Dody Edward mengatakan, pihaknya tengah fokus untuk melakukan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) di berbagai wilayah, dan juga melakukan pemantauan langsung harga dan ketersediaan bahan pokok di pasar konsumen.

"Kemendag bersama seluruh pemangku kepentingan harus bekerja sama menjaga stabilitas harga dan ketersedian pasokan khususnya di Provinsi Riau," kata Dody, di Jakarta, Selasa (24/4/2018).

Dody mengatakan, berdasar hasil pemantauan pasar tradisional di Pekanbaru, Riau, seperti Pasar Sukaramai dan Pasar Cik Puan menunjukkan harga bahan pokok masih relatif stabil dan pasokan aman dalam beberapa bulan ke depan.

Editor: Elvi R


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)