logo rilis

Setya Novanto Akan Bongkar Keterlibatan Pihak Lain di Pledoi
Kontributor
Tari Oktaviani
13 April 2018, 10:34 WIB
Setya Novanto Akan Bongkar Keterlibatan Pihak Lain di Pledoi
Mantan Ketua DPR RI Setya Novanto. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Terdakwa kasus dugaan korupsi kartu tanda penduduk berbasis elektronik (e-KTP), Setya Novanto, akan menguraikan sejumlah peran pihak lain lewat nota pembelaannya. Hal itu ia sampaikan jelang sidang di pengadilan tindak pidana korupsi, Jakarta.

"‎Pertama kita harus jelaskan secara menyeluruh (nama-nama pihak lain), pernyataan yang saya ketahui dan apa yang saya lihat," kata Novanto sebelum menjalani persidangan, Jumat (13/4/2018).

Menurut pria yang juga mantan Ketua DPR RI tersebut, pihaknya sudah mencoba terbuka dan kooperatif terkait perkara yang menyeretnya. Untuk itu, ia akan mencurahkan semua isi hati dan pengetahuannya dalam agenda kali ini.

"Dan saya sudah terbuka, kooperatif dengan KPK, penyidik, JPU, saat inilah saya sampaikan sejelas-jelasnya, selain pengacara, (saya) juga akan menyampaikan (pleidoi)," terangnya.

Hari ini Pengadilan tindak pidana korupsi Jakarta mengagendakan sidang perkara dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP untuk terdakwa Setya Novanto dengan agenda pembacaan pleidoi atau nota pembelaan terdakwa.

Ia sebelumnya dituntut dengan pidana penjara selama 16 tahun oleh KPK. Selain dituntut penjara, Novanto juga didenda sebesar Rp1 miliar subsider enam bulan kurungan.

Ia didakwa merugikan negara sekira Rp2,3 triliun dari proyek pengadaan e-KTP, tahun anggaran 2011-2012. Dia selaku mantan Ketua Fraksi Golkar diduga mempunyai pengaruh penting untuk meloloskan anggaran proyek e-KTP yang sedang digodok oleh Komisi II DPR RI.

Atas perbuatannya, Setya Novanto dituntut melanggar Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tipikor Juncto Pasal 55 ayat (1) KUHP‎.

Editor: Sukma Alam


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)