logo rilis
Ini Nama Kapal Selam Kedua asal Korsel Milik Indonesia
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
20 April 2018, 17:28 WIB
Ini Nama Kapal Selam Kedua asal Korsel Milik Indonesia
Ilustrasi Kapal Selam. FOTO: Militer Hamkam.

RILIS.ID, Jakarta— Indonesia akan segera memiliki kapal selam kedua setelah sebelumnya kedatangan Nagapasa-403 pada Agustus 2017 lalu. Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Ade Supandi, mengatakan, kapal selam kedua itu nantinya akan diberi nama Ardadedali.

Ade menjelaskan, Ardadedali adalah nama senjata milik salah satu tokoh wayang, yakni Arjuna.

"Ardadedali itu nama senjata di pewayangan. Memang nama kapal selam diambil dari nama-nama senjata sakti pewayangan," kata Ade di Mabes TNI AL Cilangkap, Jakarta, Jumat (20/4/2018).

Perwira tinggi TNI AL bintang empat itu mengungkapkan, wayang merupakan cerita klasik yang belum tentu nyata adanya. Hal itu lah yang menjadi alasan memberikan nama Nagapasa dan Ardadedali untuk kedua kapal selam TNI AL tersebut.

"Wayang itu kan cerita klasik ya. Belum tentu riil. Oleh sebab itu kapal selam ini juga memerlukan senjata yang tidak tampak. Dengan memberikan nama Ardadedali itu juga mewariskan kharismatik dari kapal itu," ujarnya.

Nagapasa dan Ardadedali adalah dua dari tiga kapal selam yang dibuat oleh Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME). Menurut Ade, kapal selam Ardadedali itu akan tiba pada Mei 2018 ini. 

"Akhir April dia (kapal selam) berangkat ke Indonesia. Mungkin akhir Mei sudah sampai ke Indonesia," ungkapnya. 

Editor: Elvi R


500
komentar (0)