logo rilis

Setara Institute Sebut Oknum PNS dan BUMN Danai Teroris
Kontributor
Tari Oktaviani
21 Mei 2018, 07:20 WIB
Setara Institute Sebut Oknum PNS dan BUMN Danai Teroris
ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi Supratman

RILIS.ID, Jakarta— Direktur Riset Setara Institute, Halili, menduga, ada oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan BUMN turut serta memberikan dana kepada jaringan teroris.

Kendati demikian, Halili tak menyebut detail dukungan dari siapa saja tepatnya, namun menurutnya sokongan tersebut turut andil dalam melancarkan aksi teror. 

Halili berujar, andil oknum pegawai BUMN dan PNS itu termasuk kategori pendukung. Adapun kategori pendukung itu sendiri merupakan satu dari empat ‎lapisan yang masuk dalam kategori jaringan teroris.

"Yang termasuk suporter atau pendukung itu adalah eselon-eselon pegawai BUMN, PNS eselon tinggi, yang mentransfer kepada mereka untuk mendukung aksi terorisme," ungkapnya, Jakarta, Senin (21/5/2018).

Ia menilai suporter ini lah menjadi lapisan kedua dimana pada lapisan pertamanya yakni ideolog. "Para ideolog, rekrutan dan lainnya, itulah pelapis utama yang jumlahnya tidak banyak," ujar dia.‎

Di lapisan ketiga, Halili‎ menyebut ada level simpatisan. Menurutnya, para simpatisan ini menjadi pihak yang mendukung pemikiran para ideolog teroris termasuk yang menerima dana untuk melancarkan aksi-aksi teror.

"Simpatisan ini yang paling banyak beraksi menebar teror. Level simpatisan, maka ketika para politisi, Parpol tidak mengekpresikan kutukan aksi teror yang biadab itu, dapat dibaca oleh kelompok teror sebagai dukungan bagi mereka," ucap dia.

Sedangkan level terakhir adalah respon publik. Level ini menjadi tolak ukur terduga teroris dalam menjalankan aksinya apakah termasuk berhasil atau tidak. Oleh karenanya dengan adanya pebgetahuan ini, ia berharap semua pihak serius melakukan konsolidasi.

"Ini catatan serius untuk konsolidasi demokrasi kita," tegas dia.

Editor:


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)